Penerapan Model Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana

Authors

  • Syahril Lukman Institut Sains dan Kependidikan Kie Raha Maluku Utara
  • Hujairah Hi. Muhammad Universitas Bumi Hijrah Tidore

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i2.4285

Keywords:

Model Pembelajaran, Simulasi, Pengetahuan, Kesiapsiagaan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana Gunungapi Gamalama melalui penerapan model pembelajaran simulasi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa  kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research, yang dilaksanakan 2 siklus. Penelitian tindakan kelas agar berhasil, maka peneliti menetapkan tahapan yaitu perencanaan tindakan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan kesiapsiagaan siswa mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari hasil evaluasi pada siklus I dengan ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 70% meningkat menjadi 91% pada siklus II, begitu juga dengan nilai rata-rata hasil pengetahuan kesiapsiagaan siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 65, naik menjadi 78 pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran simulasi dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana Gunungapi Gamalama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2022. Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2022. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Carter, W. N. 1992. Disaster management: A disaster manager’s handbook. Asian Development Bank.

Fitriani, A. A. 2023. Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTS Negeri 1 Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi tidak diterbitkan. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

Hamdan, 2017. Kajian Tingkat Efektifitas Penerapan Metode Simulasi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Komunitas SMP Islam YPUI Banda Aceh. Jurnal Semdi Unaya. Universitas Abulyatama: Banda Aceh.

LIPI, dan UNESCO/ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta: LIPI, dan UNESCO/ ISDR.

Peraturan Kepala Badan Nasional penanggulangan Bencana Nomor 04 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penerapan Sekolah/Madrasah Aman Dari Bencana.

Rinanda, S. 2013. Pengaruh Metode Simulasi Tanggap Bencana Alam terhadap Kemampuan Mitigasi Pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas C/D VI SLB Perwari Padang. Jurnal Ilmiah Pendidik Khusus, 1 (1), 164-173. Dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/944/800

Syuaib, M. Z. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Simulasi Vs Bermain Peran dan Sikap Siswa Terhadap Pengetahuan Dan Kesiapsiagaan Tentang Bencana Alam. Jurnal Pendidikan Humaniora.1 (2). hlm:177-189.

Uno, H. B. 2007. Model pembelajaran (mencipta proses belajar Menagajar yang kreatif dan efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-02-06

Issue

Section

Articles