Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas X SMAN 1 Sodonghilir

Authors

  • Ai Nidaul Hasanah Mahasiswa Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.2367

Keywords:

Metode Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas X di SMAN 1 Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya, masih banyaknya siswa SMAN 1 Sodonghilir yang memiliki hasil belajar yang rendah ditandai dengan perolehan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa, apakah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan model eksperimen desain Nonequivalent  (Pretest and posttest) Control-Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,34 yang berada dalam kategori sedang, penggunaan model ceramah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa dengan N Gain sebesar 0,08 yang berada dalam kategori rendah, dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan tipe group investigation dengan model ceramah, dimana kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 83,39 dan kontrol sebesar 75,82

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. (2008). Desain Penelitian Eksperimental. Semarang. Universitas. Diponegoro.
Lembaga survei United Nations Development Programme (UNDP). Diakses pada 13 Oktober 2021.
Makmum, Abin Syamsuddin. (2005). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem. Pengajaran Modul. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Mendrofa, RN. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahanmasalah Matematis Siswa Kelas Vii Smps Pembda 2 Gunungsitoli. Jurnal ReviewPendidikan dan Pengajaran http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp Volume 1 Nomor 1, Desember 2018. P-2655-710X e-ISSN 2655-6022
Rais, Hidayati Dan Ferinaldi. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Mata Kuliah Teori Bilangan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Mat-Edukasia | Vol. 4 No. 1, April 2019. Issn 2656-5552
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: rineka Cipta
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon
Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning.Bandung : Nusa Media
Sudjana, Nana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Tim Redaksi Fokusmedia. (2006). Himpunana Peraturan Perundang-Undangan Undang-Undang Republik Indonesi No 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional 2006. Bandung: Fokusmedia

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>