Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Pembelajar

Authors

  • Zairin Zairin Universitas Prof Dr. Hazairin, SH

Keywords:

Peran guru, Pengembangan karakter.

Abstract

Karakter adalah kepribadian yang melekat pada seseorang yang senantiasa perlu dipupuk. Ini menunjukkan bahwa potensi diri seseorang tidak dapat dibiarkan sendiri tetapi perlu ditumbuhkan. Begitu juga dengan karakter yang senantiasa perlu dipupuk sehingga ia dapat berkembang kearah yang lebih baik. Karakter yang baik tidak terbentuk dengan sendirinya, tapi ia perlu dikembangkan dari waktu ke waktu melalui proses pengajaran yang berkelanjutan, Pengajaran tentang karakter sangat penting karena generasi muda kita saat ini menghadapi peluang dan tantangan yang begitu besar. Mereka dibombardir dengan banyak pengaruh negatif melalui media dan sumber eksternal lainnya yang lazim terjadi pada budaya hari ini.Membangun karakter adalah bagian penting dari kinerja pendidikan. Karena pendidikan yang berkualitas bukan hanya sekedar pencapaian prestasi akademik belaka, tetapi merupakan pengembangan dari seluruh kemampuan yang dimiliki para pembelajar. Seorang guru harus mengetahui berbagai tahap pengembangan karakter karena guru yang dianggap bisa membantu peserta didik dengan cara yang tepat. Peran guru saat ini telah menjadi lebih menantang. Mereka lebih dipercaya dengan tugas sebagai pembentuk karakter anak, mengingat orang tua mereka memiliki waktu yang terbatas dengan anak akibat dari kesibukannya sehari-hari. Cara lain untuk pembentukan karakter pembelajar, adalah melalui pengembangan nilai-nilai sosial dan keterampilan emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agboola, Alex and Tsai, Kaun Chen, 2012, Bring Character Education Into Classroom, ,European Journal Of Educationnal Research, Vol.2, 163-170, E-mail: [email protected]
Hidayati,Abna, Zaim.M, Rukun,Kasman and Darmansyah, The Development Of Character Education Curikulum For Elementary Student In West Sumatera,International Journal of Education and Research Vol. 2 No. 6 June 2014 [email protected]
Kamaruddin, Syamsu A,2012, Character Education and Students Social Behavior, Makassar, Veteran University,Journal of Education and Learning. Vol.6 (4) pp. 223-230.Email: [email protected]
Majid, Rosadah.A, Ali, Manisah M, Alias, Aliza, Teacher Character Strengths and Talent Development, Canadian Center of Science and Education, International Education Studies; Vol.7 No.13;2014 http://dx.doi.org/10.5539/ies.
Pala, Aynur, The Need Character Education, International Journal Of Social Sciences and Humanity Studies, Vol.3, No.2, 2011 ISSN : 1309-8063 (Online) E-mail: [email protected]
Sachar, Gaurav, 2015, Teacher’s Positive Influence On Learner’s Character Formation E.Mail Id:[email protected], [email protected]
Singh,Y.K, 2006, Environmental Science, New Delhi, New Age International (P) Limited Publishers.
Odierno, Raymond T, 2014, Character Development Strategy, U.S ARMY, United States Military Academy.
.................., Finding Common Ground : Character Development in Ontorio Schools, K-12, June 2008, http://www.edu.gov.on.ca

Downloads

Published

2018-06-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)