Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah Lumpur PDAM Cilacap

Authors

  • Suparto Edy Sucahyo Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang
  • Nitis Aruming Firdaus Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang
  • Luhur Lintang Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang

Keywords:

sludge, brick, economic value

Abstract

Limbah lumpur PDAM merupakan hasil samping dari pengolahan sistem air minum yang bersumber dari air permukaan. Limbah lumpur PDAM terbentuk karena endapan partikel koloid yang dipaksa untuk mengendap lebih cepat menggunakan bahan kimia aluminium. Oleh karena itu, kandungan alumunium pada limbah lumpur PDAM sangat tinggi. Lumpur yang terlalu tinggi jika dibiarkan masuk ke badan perairan akan menyebabkan pencemaran. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan pengolahan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan limbah lumpur PDAM. Salah satu cara pengelolaan dan pengolahan limbah lumpur yang paling efektif dan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi yaitu dengan cara mengubah limbah lumpur menjadi batu bata. Pembuatan batu bata dilakukan dengan metode melalui proses bakar dan tanpa melalui proses bakar. Hasil akhir dari pemanfaatan limbah lumpur PDAM menjadi batu bata dinilai sudah memenuhi standar SNI-15-2094-2000 dengan kuat tekan mencapai 70 mpa pada batu bata tanpa melalui proses bakar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadhi, D. 2016. Pemanfaatan Limbah Lumpur (Sludge) Wastewater Treatment Plant PT.X Sebagai Bahan Baku Kompos. JTM 05 (1).
Fardiaz & Srikandi. 1992. Polusi Air dan Udara. Kanisius Press: Yogyakarta.
Hardiani, H. & Sugesty, S. 2009. Pemanfaatan Limbah Sludge Industri Kertas Sigaret untuk Bahan Baku Bata Beton. Berita Selulosa.Vol 44 (2): 86-98.
Hastutiningrum, S., H, P, Suseno., dan Y, U, Djongu. (2012). Pemanfaatan Sludge Rumah Sakit Sebagai Alternatif Pencampur Pembuatan Batu Bata Merah. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) periode III. Yogyakarta
Nothodiningrat, T. (2006). Tata Ruang dan Pengelolaan Ligkungan Hidup. Yogyakarta: PPLH Ilmu Tanah UGM.
Rusliansyah., F, Rahman., dan Z, Maimun. 2012. Pemanfaatan Limbah Sludge Ipal Pt Bskp Sebagai Bahan Substitusi Pembuatan Bata. Jurnal Info Teknik. Vol 13 (1).

Downloads

Published

2019-02-08

Issue

Section

Articles