Model Problem Based Learning Berbasis Scientific Approach Dalam Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Lingkungan Siswa

MODEL OF PROBLEM BASED LEARNING-BASED SCIENTIFIC APPROACH IN IMPROVING THE CHARACTER OF CURIOSITY AND CARING ENVIRONMENT STUDENTS

Authors

  • Zukya Rona Islami Universitas Samudra
  • Ramdan Afrian Universitas Samudra

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.665

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Kota Langsa  pada mata pelajaran Geografi dengan tujuan untuk meningkatkan Karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan pada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini memiliki empat fase, mereka sedang merencanakan, bertindak, mengamati, dan merenung. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif metode. Validitas data diverifikasi melalui teknik triangulasi data metode pengumpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan siswa dari kegiatan pra siklus hingga siklus ketiga. Peningkatan karakter rasa ingin tahu lebih cepat terlihat dibandingkan karakter peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitia maka penerapan PBL berbasir Scientific Approach mampu meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan peduli lingkungan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Langsa. Peningkatan karakter siswa dapat terbentuk karena diberikan permasalahan yang dekat dengan keseharian siswa dan pemecahan masalah dilakukan secara ilmiah. Hal tersebut terlihat pada peningkatan karakter keingintahuan siswa yang meningkat pada siklus kedua saat permasalahan yang diberikan dekat dengan siswa. Sedangkan dalam hal pembentukan karakter peduli lingkungan sepertinya membutuhkan waktu yang lebih lama dan pembiasaan agar dapat terbentuk secara perlahan. Terbukti pembentukan mencapai posisi terbaik pada saat siklus ketiga dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akinoglu O., and Tandogan R.O. 2007. The Effects of Problem –Based Active Learning In Science Education On Students’ Academic Achievement, Attitude, and Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 3(1): 71-81. Tersedia di http://ejmste.com/v3n1/EJMSTEv3n1_Akinoglu.pdf [diakses 23 Oktober 2018].
Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Miles & Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Nenggala, A.K. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Penerbit Grafindo Media Pratama.
Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Sekertariat Negera Republik Indonesia. (Online), (www.setneg.go.id), diakses 23 Oktober 2018
Raharjo, S.B. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3: 229-238
Sutopo, H.B. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press
Towaf, S.M. 2014. Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan. 20(1): 75-85.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Wahyu. 2011. Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas, 3 (2): 138-149. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ komunitas/article/ 2310/2363.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles