Pemahaman Konten Geografi dan Postingan di Media Sosial Yang Diikuti Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu

Authors

  • Novy Afanggi Pujianto Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H Bengkulu
  • Nofirman Nofirman Universitas Prof. Dr. Hazairin, S.H Bengkulu ,
  • Abditama Srifitriani Universitas Prof Dr Hazairin SH ,

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3944

Keywords:

Kata Kunci: Konten geografi, media sosial, Instagram, Tiktok, WhatsApp

Abstract

Upaya pemerintah menjaga keseimbangan kurikulum sekolah dengan pesatnya perkembangan teknologi telah dilakukan degan merealisasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (K-13). Tujuan penelitian adalah (1) untuk menjelaskan struktur konten geografi berdasarkan K-13 yang dipelajari siswa, (2) karakteristik media sosial yang digunakan siswa untuk posting konten geografi di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif. Informan penelitian merupakan guru geografi dan siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Data di peroleh dengan pengumpulan data penelitian dari informan dan pihak sekolah, selanjutnya data direduksi sesuai panduan penelitian, dan kemudian data disajikan sebagai hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (a) struktur konten geografi yang dipelajari siswa sudah dipelajari di kelas maupun di lingkungan sekolah, (b) aplikasi media sosial yang digunakan untuk potingan konten geografi dilakukan di aplikasi Instagram, Tiktok, dan WhatsApp. Sedangkan di aplikasi Youtube informan belum pernah memposting konten geografi, karna informan tidak memiliki akun aplikasi Youtube. Terkait dengan pemahaman teknis memposting konten geografi di media sosial informan mengatakan, mereka telah memahmi dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-25

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2