Studi Kemampuan Spasial Geografi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu

Authors

  • Nofirman Nofirman Universitas Prof Dr. Hazairin, SH

Keywords:

Kemampuan spasial, Kemampuan spasial Geografi

Abstract

Untuk mencapai perubahan kualitas sumber daya manusia memenuhi kecakapan abad ke-21 telah diterapkan Kurikulum 2013 (K13) dengan sasaran peningkatan aktivitas siswa dalam belajar. Implementasi K13 mengacu pada kecerdasan majemuk, yang salah satunya berkait dengan kemampuan spasial (visual-spasial) serta berkembang melalui pembelajaran geografi. Tujuan penelitian mengetahui kemampuan spasial geografi siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif-deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri 6 Kota Bengkulu yang terletak di Jalan Pratu Aidit Bajak No. 23, Kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara – Kota Bengkulu. Variabel penelitian adalah kemampuan spasial (visual-spasial) dan kemampuan spasial geografi.  Populasi penelitian berjumlah 139 orang siswa kelas XII di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditarik secara random dengan jumlah 44% dari populasi, sehingga berjumlah 62 orang siswa. Instrumen penelitian dibuat dengan skala likert yang bertujuan untuk mengukur kemampuan spasial  (visual spasial) dan kemampuan spasial geografi siswa yang termasuk pada kategori kemampuan, sikap, persepsi seseorang. Hasil uji validitas terhadap kusioner kemampuan spasial dan kemampuan spasial geografi siswa berstatus valid. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil penelitian tentang kemampuan spasial siswa kelas XII di SMA 6 Kota Bengkulu menunjukkan kemampuan spasial siswa berada pada kelompok skor 49 – 42 (kelompok ke-3) dengan jumlah 43,55% sebagai skor terbanyak. Mean ditemuka pada skor 47 dengan standar deviasi 7.31 yang juga terletak pada kelompok skor terbanyak. Kemampuan spasial  geografi siswa kelas XII di SMA 6 Kota Bengkulu berada pada kelompok skor 142 – 158 (kelompok ke-3) dengan jumlah 38.71% sebagai skor terbanyak. Posisi mean berada pada kelompok skor terbanyak. Mean ditemukan dengan skor 148 dengan standar deviasi 19.41Kemampuan spasial, Kemampuan spasial Geografi

Downloads

Download data is not yet available.

References

---------- 2017. Panduan Implementasi Keterampilan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah
---------- 2016. Permendikbud Nomor 024 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Lampiran 50 Geografi. Tersedia pada: agungagmi.blogspot.com/2017/05/lampiran-permendikbud-nomor-24-tahun.html.
Sutardi, D., 2017. PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR BERMUTU YANG ADAPTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR TERPENCIL. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), pp.127-138.
Hanafi. 2016. Pemilihan Profesi Berdasarkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence). Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman Vol.3 No.1 Januari – Juni 2016. Tersedia pada:
Machali, I. 2014. Dimensi Kecerdasan Majemuk dalam Kurikulum 2013. Insania, Vol. 19, No. 1, Januari - Juni 2014. Tersedia pada: ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/download/462/416
Mukminan. 2014. Kurikulum 2013, Posisi Matapelajaran Geografi, dan Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMP dan SMA Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada: staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-mukminan/ba-26-k13posisi-geoninovasi-pbljr.pdf
Maisyaroh, Zulkarnain, W., Setyowati A.J., dan Mahanal, S. 2014. Masalah Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kerangka Model Supervisi Pengajaran. Manajemen
Pendidikan Volume 24, Nomor 3, Maret 2014: 213-220. Tersedia pada: ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/ volume-24-no.-337-44.pdf
Nofirman, N., 2018. Studi Karakter Peduli Lingkungan Pantai Di Desa Tepi Laut Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(1), pp.12-27.
Nofirman, N., 2017. Sebaran Bukit Karst Di Wilayah Kabupaten Sijunjung. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 2(1), pp.73-83.
Rofiah, N.H. 2016. Menerapkan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1, Maret 2016: 68 – 79. Tersedia pada: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ Dinamika/article/view/937
Rosyadi, S. 2018. Revolusi Industri 4.0 : Peluang Dan Tantangan Bagialumni Universitas Terbuka. Tersedia pada: www.researchgate.net/publication/ 324220813_REVOLUSI_INDUSTRI_40download
Satrianawati. 2017. Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, Juli 2017: 54 – 61. Tersedia pada: journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/ download/3882/3449
Setiawan, I. 2015. Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 15, Nomor 1, April 2015, hlm. 63 – 89. Tersedia pada: ejournal.upi.edu/index.php/geaarticle/viewFile/41873016
Seitinger, S. 2009 Designing for Spatial Competence. MIT Media Laboratory Cambridge. Tersedia pada: www.pegem.netdosyalardokuman48625-20090513124329-04on-the-development-and-measurement-of-spatial.pdf
Stoltman, J.P. 2013. Geography Education in the United States: Initiatives for the 21st Century. Journal of Research and Didactics in Geography (J-READING), 2, 2, Dec., 2013, pp. 5-9. DOI: 10.4458/2379-01. Tersedia pada : www.j-reading.org/index.php/geography/article/viewFile/55/59
Supriyono, S., Guntar, D., Edwar, E., Zairin, Z. and Sugandi, W., 2018. Sosialisasi Potensi Bencana dan Sistem Informasi Geografi (SIG) Kebencanaan di Kabupaten Seluma. BAGIMU NEGERI: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1).
Yani, A. 2015. Menakar Kurikulum Geografi 2013 dalam Pengembangan Nilai Patriotisme. MIMBAR, Vol. 31, No. 2 (Desember, 2015): 379-388. Tersedia pada : ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1468
Yilmaz, H. B. 2009. On The Development and Measurement of Spatial Ability. International Electronic Journal of Elementary Education Vol.1, Issue 2, March, 2009. The Ohio State University, USA. Tersedia pada : www.pegem.net/dosyalardokuman48625-20090513124329-04on-the-development-and-measurement-of-spatial.pdf
Yusup, Y., Sugiyanto, dan Hadi, P. 2012. Peran Sistem Informasi Geografis Dalam Pembentukan Spatial Thinking Skills dan Terapannya Dalam Pembelajaran Bencana. Globe Volume 14 No. 1 Juni 2012 : 78 – 86. Tersedia pada: jurnal.big.go.id/index.php/GL/articleview/File139136
Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang – Kalimantan Barat Tersedia pada https://www.researchgate.net/ publication/318013627

Downloads

Published

2019-02-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)