ANALISIS SERVQUAL LAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS KEDUNDUNG KOTA MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.32663/g36dea88Kata Kunci:
Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Layanan KesehatanAbstrak
Promosi perilaku kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan individu melalui gaya hidup sehat. Program layanan kesehatan pemerintah sering kali tidak memenuhi harapan masyarakat, menegaskan pentingnya layanan kesehatan yang memuaskan baik bagi masyarakat maupun penyedia layanan. Prinsip "Kesehatan untuk Semua" mengadvokasi layanan kesehatan yang adil, efisien, partisipatif, dan efektif. Oleh karena itu, otonomi dan desentralisasi merupakan strategi penting untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan data statistik untuk mengevaluasi kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Kedundung di Kota Mojokerto, dengan fokus pada kesiapan dan kualitas layanan. Temuan menunjukkan bahwa Puskesmas Kedundung telah memadai dalam menyediakan layanan kesehatan dengan personel, peralatan, dan persediaan yang cukup, namun perlu perbaikan dalam responsivitas terhadap kebutuhan pasien untuk meningkatkan kepuasan layanan secara keseluruhan.