Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah

Authors

  • Muhali Muhali Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Muhammad Asy’ari Prodi Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Saiful Prayogi Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Taufik Samsuri Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Aalam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • I Wayan Karmana Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • I Ketut Sukarma Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Baiq Mirawati Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Laras Firdaus Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
  • Hunaepi Hunaepi Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.32663/abdihaz.v1i1.739

Keywords:

Classroom action research, Journal publications, Research reports, Scientific articles

Abstract

Training on Research Activities and Scientific Writing for Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah Teachers

The purpose of this community service was to improve the ability of teachers to conduct research and publish a research article in a national scientific journal. This program was implemented through a series of activities using in-service training (IST) and on-service training (OST) methods. The andragogy approach was used in IST activities to improve the ability of teachers in analyzing the learning problems that can be raised as research problems; to convey the concept of research in general, especially classroom action research; and to write a scientific article. OST activities are intended to assist the teachers in conducting research activities, writing research reports and scientific articles and publishing scientific journals. The results of IST activities illustrated the situation of Madrasah Aliyah Negeri 3 Lombok Tengah teachers that most teachers had been able to analyze problems that can be raised as the main problems in research activities; the teacher had a good understanding of the concept of classroom action research, design, instruments, and analysis of research data; the teacher was able to understand the concepts and techniques of writing research reports and scientific articles; and the teacher had been able to understand the concepts and techniques of publishing articles in national scientific journals. OST results indicated that teachers had the potential to develop themselves in conducting research and producing scientific papers. During the implementation of community service activities, the teacher consistently followed the activities well. The resulting scientific work could be categorized as good, and generally, met the criteria of scientific writing.    

Author Biographies

  • Muhali Muhali, Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Muhammad Asy’ari, Prodi Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Saiful Prayogi, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Taufik Samsuri, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Aalam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • I Wayan Karmana, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • I Ketut Sukarma, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Baiq Mirawati, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Laras Firdaus, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

  • Hunaepi Hunaepi, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram

    Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram, Jl. Pemuda No. 59A Mataram, Indonesia

References

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitrini, H., & Asy’ari, M. (2016) Pelatihan penelitian tindakan kelas (PTK) dan teknik penulisan karya ilmiah bagi guru di MTS. NW Mertaknao. Lumbung Inovasi, Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 38-40.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 69 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muhali, Prayogi, S., Asy’ari, M., Hunaepi, Sukarma, I. K., Mirawati, B., Samsuri, T., Firdaus, L., & Herdiana F. (2019). Pelatihan guru MAN 3 Lombok Tengah dalam menyusun perangkat pembelajaran yang melatihkan kemampuan metakognisi siswa. Baktimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 49-60. http://dx.doi.org/10.32672/btm.v1i1.1182

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Prayogi, Sukarma, I. K., & Muhali. (2016). IbM kelompok guru Madrasah Aliyah yang mengembangkan perangkat pembelajaran untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa (Laporan IbM). Mataram: LPPM IKIP Mataram.

Pujiono, S. (2008). Desain penelitian tindakan kelas dan teknik mengembangkan kajian pustaka. Makalah dipresentasikan pada Workshop Action Research untuk Guru-guru di MAN 1 Yogyakarta. Diperoleh dari: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files /tmp/1.%20PPM%20Makalah%20MAN%20&%20UNY.pdf

Retnaningsih, W. S., Maasawet, E. T., & Boleng, D. T. (2017). Analisis permasalahan guru dan siswa terkait perangkat pembelajaran IPA biologi berbasis inquiry dan keterampilan penulisan laporan ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(4), 531-534.

Sudarsono. (1997). Pedoman pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK): Bagian kedua. Jakarta, Indonesia: Dirjen Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sumini. (2010). Penelitian tindakan kelas dan pengembangan profesi guru. Jurnal Historia Vitae, 24(1), 14-30.

Sukaisih, R., & Muhali. (2014). Meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran problem solving. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA “Prisma Sains”, 2(1), 71-82.

Sukaisih, R. dan Verawati, N. N. S. P. (2015). Penerapan model guided inquiry dilengkapi penilaian portofolio untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Di dalam M. Ibrahim, Suyono, B. Jatmiko, W. Widodo, Z. A. I. Supardi (Editor), Pembelajaran dan Penilaian Sains Sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2015 (pp. 268-271). Surabaya, Indonesia.

Downloads

Published

2019-06-29

Issue

Section

Articles