ANALISA PEMBERIAN DOSIS PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN TAMBAKAN (Helostoma temminckii)

  • Nasir Ahmad Fakultas Pertanian Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu

Abstract

Ikan tambakan (Helostoma temminckii) adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari wilayah tropis, tepatnya Asia Tenggara yang memiliki tubuh berbentuk pipih vertikal. Sirip punggung dan sirip analnya memiliki bentuk dan ukuran yang hampir serupa. Sirip ekornya sendiri berbentuk nyaris bundar atau mengarah cembung ke luar, sementara sirip dadanya yang berjumlah sepasang juga berbentuk nyaris bundar. Saat ini budidaya ikan tambakan belum dikembangkan seperti ikan-ikan konsumsi lainnya terutama untuk dosis pemberian pakan yang baik dalam budidaya ikan itu sendiri. Untuk itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara budidaya ikan tambakan terutama dosis pemberian pakan yang baik dalam budidaya. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 2 bulan mulai dari bulan Agustus samapai September 2016 yang dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Prof. DR.Hazairin, SH Bengkulu dengan alat yang digunakan yaitu aquarium dan blower serta bahan yang digunakan yaitu ikan, air, dan pellet PF-800. Menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan A : pakan pelet P 800 dengan dosis 3%. Perlakuan B: pakan pelet P800 dengan dosis 4%, Perlakuan C : pakan pelet P800 dengan dosis 5% dan Perlakuan D : Pakan pelet P800 dengan dosis 6%. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pertumbuhan berat ikan, pertumbuhan panjang ikan, Kelangsungan hidup (survival rate), dan konversi pakan yang digunakan. Hasil Menunjukkan bahwa Perlakuan B (Pakan pellet dengan dosis 5%) memberikan pertumbuhan panjang, berat dan nilai konversi pakan terbaik.
Kata kunci: Ikan Tambakan, Dosis Pakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-08
How to Cite
AHMAD, Nasir. ANALISA PEMBERIAN DOSIS PAKAN YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN TAMBAKAN (Helostoma temminckii). Jurnal Agroqua: Media Informasi Agronomi dan Budidaya Perairan, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 73-80, may 2017. ISSN 2598-4071. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/agroqua/article/view/33>. Date accessed: 31 mar. 2020.