ANALISIS PERMINTAAN TENAGA KERJA BURUH HARIAN LEPAS PADA PERKEBUNAN PT. SANDABI INDAH LESTARI (SIL) BENGKULU UTARA

Authors

  • Rika Dwi Yulihartika University of Dehasen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jumlah alokasi jam kerja mandiri di perkebunan kelapa sawit, untuk menganalisis pengaruh alokasi jam kerja independen terhadap faktor perkebunan kelapa sawit, untuk memperhitungkan pendapatan buruh mandiri di perkebunan kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di Desa Bukit Harapan Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Waktu penelitian ini adalah pada bulan Maret sampai April 2017. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Reasearch dan Simple Random Sampling Method. Jumlah sampel di PT. SIL adalah 30 responden. Hasil penelitian ini adalah alokasi jam kerja mandiri di perkebunan kelapa sawit PT. SIL sebesar 137 jam per bulan. Secara simultan, jam kerja mandiri di PT. Perkebunan kelapa sawit Sandabi Indah Lestari (SIL) dipengaruhi secara siginifikan dengan usia kerja, jumlah keluarga, pengalaman kerja kerja, dan tingkat pendidikan ketenagakerjaan. Kontribusi upah buruh harian lepas di PT. Sandabi Indah Lestari (SIL) 26,4 persen. Kontribusi tenaga kerja di PT. Sandabi Indah Lestari (SIL) lebih tinggi dari biaya hidup minimum mereka.

References

Adriani, D. 2000. Dampak kebijaksanaan Pemerintah Terhadap Kerja dan Migrasi pada Ekonomi di Indonesia. Magister Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Bogor, Bogor (Tidak Dipublikasikan)

Amirin, Tatang. 2005. Menyusun Rencana Penelitian. Rajawali Press. Jakarta.

Biro Pusat Statistik Propinsi Bengkulu.2016. Upah Minimum Regional (UMR) Dan Kebutuhan Hidup Minimum di Propinsi Bengkulu.

Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu. 2016. Laporan Tahunan Dinas.Perkebunan Propinsi Bengkulu.

Dinas Perkebunan Propinsi Bengkulu.2015.

Fadholi. 2004. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hadi, S. 2007. Statistik II. Andi Offset. Yogyakarta.

Jalalluddin. 2008. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.Bandung.

Nasution. 2000. Metode Research. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Sayogyo. 2007. Petani dan Kemiskinan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sukirno, Sadono. 2005. Pengantar Teori Ekonomi Mikro. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Supriadi. 2009. Analisis Efisiensi dan Pengelolaan Faktor-faktor Produksi di Afdeling I Unit Usaha PIR IV Talang Sawit PTPN VII (Persero) Betung. Skripsi Program Strata I (S1) jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).

Yamin, H. 2008. Analisis Pendapatan dan Efisiensi Usahatani di Daerah Transmigrasi Propinsi Sumatera Selatan.Tesis Program Magister Ekonomi Pertanian Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (Tidak Dipublikasikan).

Yuliarti. 2012. Penyerapan Tenaga Kerja dan Tingkat Pendapatan Karyawan Perkebunan Universitas Sriwijaya. Palembang.

Zahri, 2011. Alokasi Tenaga Kerja dan Hubungannya dengan Pendapatan Rumah Tangga Buruh harian lepasPIR Kelapa Sawit Pasca Konversi Di Sumatera Selatan. Laporan Penelitian, Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Tidak Dipublikasikan).

Published

2018-07-12