Upaya SD Pelita Kasih Bengkulu dalam Mengatasi Dampak Pandemi Covid-19

Authors

  • Dihamri Dihamri
  • Haimah Haimah Universitas Prof Dr Hazairin SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v5i2.1667

Keywords:

Upaya, Daring, Covid 19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya SD Pelita Kasih Bengkulu dalam mengatasi dampak  pandemi covid-19.   Metode   penelitian   kualitatif   deskriptif.  Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi terbatas dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian kualitatif dilakukan melalui tahapan mengkategorisasikan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.  Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang  penting, mencari pola dan informasi yang diperoleh dan membuang informasi yang tidak perlu. Melalui penyajian data, maka data terorganisasikan, tersusun dalam pola hubungan sehingga mudah dipahami. Proses penarikan kesimpulan dan verifikasi dilakukan untuk menemukan bukti-bukti yang kuat sampai diperoleh simpulan yang kredibel. Hasil penelitian adalah kepala sekolah, guru, murid dan wali murid telah melakukan upaya melaksanakan pembelajaran secara daring sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kepala sekolah, guru, murid dan wali murid juga sudah berupaya kreatif agar pembelajaran daring berjalan dengan baik. Simpulan kepala sekolah, guru, murid dan wali murid dengan segala daya upaya melaksanakan pembelajaran daring, sehingga kegiatan belajar di SD Pelita Kasih selama masa pandemi tetap berjalan baik. Pembelajaran daring menggunakan whatshapp, video call, video, classrom, webex dan zoom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2021, January). Covid-19. Cnn Indonesia.
Anshori1, I., & Zahro’ul Illiyyin. (2020). No Title. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10.30868/i(Dampak Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Mts Alasyhar Bungah Gresik).
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan?: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, 282–289.
CNN. (2021, January). No Title. CNN Indonesia, p. 1.
Covid-, S. P. (2020). Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19 Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab ( STIBA ), Makassar, (May). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15544
Covid-, V., Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19,(March). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
Harapan, U. P. (2020). Universitas muhammadiyah enrekang, 2, 1–12.
Krisis, A., Global, E., & Dampak, D. (2020). AkMen AkMen, 17, 90–98.
Kusumadewi, R. F., 1, Yustiana, S., 2, & Khoirotun Nasihah. (2020). No Title. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), (Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 DI SD), 13.
Lampuhyang, J., Mutu, L. P., Agama, S., & Amlapura, H. (2020). https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang, 11(2), 13–25.
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19.
Pembangunan Karakter Bangsa Generasi Melenial Berbasis Kearifan Lokal Suku Serawai. (2018), 89–100.
Preventif, P., Dalam, P., Penyebaran, P., Syaykh, S., Di, A.-Z., Kontribusinya, A., … Pembelajaran, P. (n.d.). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia?: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 1(1), 1–3.
Tantangan, P. C.-, Dan, E., Bengkulu, I., & Indonesia, C.-. (2020). Yenti Sumarni, 2..

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Articles