Analisis Potensi Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Negeri Yogyakarta

Authors

  • Riko Sopiyandi Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Fevi Wira Citra Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Dihamri Dihamri Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i2.4135

Keywords:

Potensi Minat Belajar, Mahasiswa Pendidikan Geografi, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis potensi minat belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi yang berpartisipasi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terhadap mahasiswa yang terlibat dalam program tersebut. Temuan menunjukkan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka memberikan peluang unik bagi mahasiswa pendidikan geografi untuk analisis potensi minat belajar mereka melalui lingkungan akademik yang berbeda. Para mahasiswa menunjukkan tingkat motivasi yang tinggi dan antusiasme dalam mengikuti Mata Kuliah, berinteraksi dengan dosen, dan terlibat dalam kegiatan akademik dan sosial di lingkungan baru. Faktor-faktor seperti variasi Kurikulum, Metode pengajaran yang berbeda, dan kesempatan untuk mempelajari geografi dari perspektif yang beragam telah mendorong perkembangan minat belajar belajar mereka. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mendukung dan mempromosikan Program Pertukaran Mahasiswa sebagi sarana untuk meningkatkan minat dan kualitas belajar Masiswa Pendidikan Geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.

Anwar, Rosyida Nurul. "Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka." Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 10.2 (2022): 646-655.

Aulia, F., Lasmawan, I. W., & Sudiarta, I. G. P. (2023). Analisis Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Self Awarness Mahasiswa Universitas Hamzanwadi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1833-1837.

Fauziah, D. A., & Kuntari, S. (2023). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Pemerataan Mutu Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Tinggi Melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2241-2250.

Humas uny.ac.id (2023) Penerimaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di UNY: Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya Universitas Negeri Yogyakarta. Uny.ac.id Published 2023. Diakses November 5, 2023. https://www.uny.ac.id/id/berita/penerimaan-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka-pmm-di-uny-bertukar-sementara-bermakna

Insani, Nisrina Nurul, Susan Fitriasari, and Dede Iswandi. "Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar." MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-Ilmu Sosial 5.2 (2021): 245-251.

Mukhadis, A. (2021). Pendekatan Kuantilatif dalam Penelitian Pendidikan: Dialektika Prosedur Penelitian Mixed Methods. Media Nusa Creative (MNC Publishing)

Downloads

Published

2024-02-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>