Kompetensi Guru Geografi Dalam Menyusun Soal Alat Evaluasi Di SMA Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v8i2.4322Keywords:
kompetensi pedagogik, penilaian , guruAbstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penguasaan kompetensi guru geografi dalam menyusun soal alat evaluasi di SMA Kota Bengkulu. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Seberapa besar Kompetensi guru geografi dalam menyusun soal alat evaluasi di SMA Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di SMA Kota Bengkulu yang berjumlah 11 guru. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan Angket atau Kuesioner dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif persentase. Hasil Penelitian ini kompetensi guru geografi dalam menyusun soal di SMA Negeri Kota Bengkulu yang berada pada kategori sangat tinggi 1 guru dengan besar persentase 9,0%, pada katagori tinggi dengan tinggi 9 guru dengan persentase 63,3% terdapat 7 guru, pada katagori rendah dengan persentase 27,7% terdapat 3 Guru, dan pada kategori sangat rendah tidak ada dengan persentase 0%. hasil penelitian dan analisis tentang kompetensi guru geografi dalam menyusun soal di SMAN Kota Bengkulu dan kemampuan penerapan prinsip-prinsip dasar evaluasi dalam penyusunan soal evaluasi secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik
Downloads
References
Afdal, A. 2019. Kompetensi Bimbingan Karir Kolaboratif Konselor SMA Negeri di Kota Payakumbuh Sumatera Barat. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2): 100.
Didimus Tanah Boleng 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Protista Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Mulawarman. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(1): 270–281.
Handoko, H., Angela, A. & Gunawan, G. 2021. Pembekalan Explainer Video bagi Siswa dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3): 217–224.
Ibrahim, M.M. 2019. Upaya Indonesia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Untuk Mencapai Target SDGs Maulana Malik Ibrahim 1. eJournal Ilmu Hubungan Internasional, 10(2): 404–415.
Inggriyani, F. & Fazriyah, N. 2017. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menulis narasi di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3): 30–41. Tersedia di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/9498.
Lediwara, N. & Herianti, Y. 2021. Sistem Informasi Pencetakan Kartu Peserta Ujian di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Dinamika Informatika, 10(2): 26–38.
Marina, C. 2016. Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dipadu Dengan Model Picture and Picture Yang Dikembangkan Melalui Lesson Study. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(2): 256–269.
Menggo, S., Par, L., Gunas, T. & Guna, S. 2021. Pendampingan Penyusunan Soal Berorientasi Hots Bagi Para Guru SMA. Jurnal Widya Laksana, 10(1): 14–26.
Nuryamin, Y. & Budi, E.S. 2020. Perancangan Program Administrasi Pembayaran SPP , UTS dan UAS Pada MA Al-Marzukiyah Jakarta. 1: 77–82.
Penelitian, J., Indonesia, G., Issn, P., Issn, O., Info, A., Online, P. & Publication, I.J. 2017. Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Profesionalisme Guru dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Meningkatkan Aktifitas Pembelajaran IPA Semester Juli Desember 2013 Melalui Penerapan Metode CIRC. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI, 2(1): 12–18.
Purwanto, P., Astina, I.K. & Suharto, Y. 2015. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografi untuk Pemodelan Spasial Pengembangan Wisata Pantai di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1): 12–23.
Putri, I.H.N., Sholihah, U., Handayani, E.M. & Sumarmi, S. 2018. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2): 78–84.
Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B.R. & Silalahi, M. 2019. Jurnal Comunita Servizio Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengimlementasikan Kurikulum Jurnal Comunita Servizio. Jurnal Comunita Servizio, 1(1): 223–234.
Sudiyono, S. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Bilangan Berpangkat Dengan Model Problem Posing Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2): 639.
Twance, M. 2019. Learning from land and water: exploring mazinaabikiniganan as indigenous epistemology. Environmental Education Research, 25(9): 1319–1333. Tersedia di https://doi.org/10.1080/13504622.2019.1630802.
Widiana, G.T. & Wardani, I.K. 2017. Efektifitas Suplemen Bahan Ajar IPA Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1): 41–55.
Winarti, W., Hairida, H. & Lestari, I. 2021. Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2): 108–115.
Wirahmawati, A., Sagita, D. & Desnita, D. 2022. Analysis of The Availability of HOTS Indicators on Physics Questions for Class X SMA Adabiah 2 Padang During the Covid 19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 8(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.