Analisis Kerentanan Aksesoris dan Pipa Air Minum Terhadap Banjir Rob Menggunakan SIG di Kecamatan Tanjung Priok PAM Jaya DKI Jakarta

Authors

  • Reosa Andika Firmansyah Akademi Teknik Tirta Wiyata
  • Awaluddin Setya Aji Akademi Teknik Tirta Wiyata
  • Ohammad Khafi Triadifa Samangan Akademi Teknik Tirta Wiyata

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v6i2.2678

Keywords:

Pemetaan, Pipa dan Aksesoris, SIG

Abstract

Bencana Banjir Rob merupakan hal yang sering terjadi di wilayah DKI Jakarta terutama dikawasan daerah pesisir pantai, PAM Jaya Dki Jakarta merasa bahwa sering terjadinya bencana banjir rob yang dapat berakibat buruk terhadap aset PAM Jaya. Penting bagi PAM Jaya untuk mempertimbangkan cara meminimalisir dampak bencana alam dengan cara pencegahan sejak dini. Diperlukan sebuah analisis data pemetaan terhadap banjir rob yang pernah terjadi dengan bantuan aplikasi Quantum GIS. Dilakukan pemetaan zonasi berdasarkan data kejadian banjir rob yang pernah terjadi dalam kurun waktu 3 tahun darin BPBD Provinsi DKI Jakarta untuk penentuan kategori zona atau pembuatan kelas dalam 3 kategori kelas. Melakukan pemetaan pipa dan aksesoris dengan data dari PAM Jaya. Analisis persebaran pipa dan aksesoris terhadap banjir rob juga dilakukan dengan intersect dengan menggabungkan data pipa dan aksesoris dengan banjir rob. Analisis dilakukan pada peta pipa dan aksesorisĀ  dari data atribut yang di input, beberapa point dari atribut akan digunakan untuk melakukan pembobotan terhadap kualitas pipa dan aksesoris. Analisis peta pipa dan aksesoris terhadap persebaran banjir rob dilakukan dengan skoring. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 3 kelas tingkat kerawanan yang ada di Kecataman Tanjung Priok, yakni rendah, sedang dan tinggi. Hasil klasifikasi tingkat kondisi pipa dan aksesoris. Hasil klasifikasi tingkat kondisi pipa yaitu baik, sedang dan buruk. Hasil klasifikasi tingkat kondisi aksesoris yaitu baik, sedang dan buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. B. (2012). Pemanfaatan Data Satelit untuk Analisis Potensi Genangan dan Dampak Kerusakan Akibat Kenaikan Muka Air Laut (Application of Sattelite Data to Analyze Inundation Potential and the Impact of Sea Level Rise). Jurnal Penginderaan Jauh dan Pengolahan Data Citra Digital, 9(2).
Anonim. (2020). Pipe Flanges and Flanges Fitting. ANSI B16.5, America. Chandra, R. &. (2013). Mitigasi Bencana Banjir Rob di Jakarta Utara. Jurnal
Teknik Pomits, 25-30.
Biro Tata Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. (2016). Pembagian Wilayah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016.
Buku 2 Perda I. (2014). Tentang RDTR & PZ < DCKTRP Pemprov. DKI Jakarta> (Diakses tanggal 19 Juli 2021).
Daerobi, A. (2012). Pengaruh Korosi Atmosfer Lingkungan Air Laut Terhadap Disain Ketebalan Pipa Penyalur dengan Metode Pipeline Risk Management Jakarta. Universitas Indonesia.
Fajri, K., Trilistyo, H., & Hermanto, E. (2015). Rusunami di Jakarta Timur (Doctoral dissertation, FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO)
Harseno, E. &. (2007). Aplikasi Sistem Informasi Geografis dalam Pemetaan Batas Administrasi, Tanah, Geologi, Penggunaan Lahan, Lereng, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Daerah Aliran Sungai di Jawa Tengah Menggunakan Software ArcView GIS. Majalah Ilmiah UKRIM, I, 63-80.
Karana, R. C. (n.d.). Mitigasi Bencana Banjir Rob di Jakarta Utara. Jurnal Teknik ITS, 2(I), C31-C36.
Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 171. (2007). Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 171 Tahun 2007.
Malczewski, J. (1999). GIS and Multiple-criteria Decision Analysis. New York: John Wiley & Sons.
Medhiansyah, P. P. (2014). Arahan Adaptasi Kawasan Rawan Banjir Rob di Kawasan Pantai Utara Surabaya.
Murai, S. (n.d.). GIS Work Book: Fundamental and Technical Courses, Vols 1 &
National Space Development Agency.
P., B. A. (2020). Pemetaan Zonasi Rawan Tanah Longsor Terhadap Broncaptering PDAM Tirta Gemilang dan Mata Air di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.
Policymakers, I. S. (2007). The Physical Science Basis Contribution of Working Group I to The Fourth Assesment Report of the Intergovermental Panel on Climat Change Cambridge University Press.
Profil PAM JAYA . < PAM JAYA.co.id > (Diakses tanggal 19 Juli 2021 )
Profil BPBD PROVINSI DKI JAKARTA. < bpbd.jakarta.go.id > ( Diakses tanggal 19 Juli 2021).
Saksono, P. (2013). Analisis Efisiensi Pompa Centrifugal Pada Instalasi Pengolahan Air Kampung Damai Balikpapan, 2.
Sherwood, D. R. (1976). The Piping Guide. Syntek Book Company Inc, San Fransisco
Suryanti ED, M. M. (n.d.). Adaptasi Masyarakat Kawasan Pesisir Semarang Terhadap Bahaya Banjir Pasang Air Laut (Rob). Jurnal Kebencanaan Indonesia 1(5), 335-346.
Susanto, K. E. (2010). Proyeksi Kenaikan Permukaan Laut dan Dampaknya Terhadap Banjir Genangan Kawasan Pesisir: Studi Kasus Wilayah Pesisir Demak Provinsi Jawa Tengah. (Doctoral Dissertation, Universitas Gajah Mada).
Yani, C. S. (2017). Analisa Laju Korosi pada Pipa Baja Karbon dan Pipa Galyanis dengan Metode Kehilangan Berat.

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles