Analisis Kualitas Air Baku dan Air Distribusi Di Rumah Sakit Aisyiyah Muntilan

Authors

  • Muhammad Badaruddin Akademi Teknik Tirta Wiyata
  • Awaluddin Setya Aji Akademi Teknik Tirta Wiyata
  • Deny Rachma Danti Akademi Teknik Tirta Wiyata

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v6i2.2998

Keywords:

Kualitas Air; Parameter; Rumah Sakit

Abstract

Rumah  Sakit Aisyiyah saat ini menggunakan 2 sumber air berupa sumber air dari sumur dan sumber air PDAM. Air yang keluar dari saluran distribusi air sumur cenderung masih keruh, jadi berkaitan dengan masalah tersebut perlu dilakukannya analisis kualitas air di setiap titik sumber dan saluran distribusi dengan parameter kekeruhan, suhu, besi, mangan, pH dan MPN Coliform yang bertujuan untuk mengetahui kualitas air baku dan kualitas air distribusi dikedua sumber dengan persyaratan baku mutu. Metode analisis yang dilakukan adalah mengambil sampel pada air baku dan air distribusi, yang kemudian hasil tersebut dianalisis kesesuainnya yang dibandingkan dengan persyaratan baku mutu PP RI No 82 tahun 2001 (untuk air sumber) dan PERMENKES RI No 492 tahun 2010 (untuk air minum). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa kondisi kualitas air baku di sumber sumur belum memenuhi persyaratan PP RI No 82 Tahun 2001, sedangkan untuk sumber PDAM sudah memenuhi persyaratan.Hasil kondisi kualitas air distribusi di air sumur belum memenuhi PERMENKES RI No 492 Tahun 2010, sedangkan kualitas air distribusi PDAM sudah memenuhi persyaratan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia, N. 2014. Pembahasan Air Bersih <https://www.academia.edu/9793164/BAB _IV_PEMBAHASAN_4.1 _Air_Bersih> (Diakses tanggal 5 Mei 2019)
Depkes RI. 2007. Pedoman Sanitasi RS di Indonesia. Jakarta: Dirjen Pelayanan Medik.
Effendi, Hefni. 2003. Telaah Kualitas Air: Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Inswiasri. 2007. Kandungan Logam Fe dan Mn dalam Air Bersih. Semarang: Universitas Semarang.
Lubis. 2006. Analisis Kualitas Fisik dan Kimia Air di Daerah Medan dan Sekitarnya. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Mulyati, Sri. 2017. Analisis Pemantauan dan Pengelolaan Fisik Kimia Air Bersih di Rumah Sakit Rafflesia Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health. Vol 5 No 1. Hal: 52-59.
Peraturan Menteri Kesehatan No. 492 Tahun 2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Jakarta.
Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2001 Tentang Pengolahan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran air Presiden Republik Indonesia. Jakarta
Subekti, S. 2005. Pengelolaan Air Bersih Rumah Sakit Sebagai Upaya Minimisasi Limbah Cair (Thesis). Semarang: llmu Lingkungan, Univeritas Diponegoro.

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles