POTENSI GEOGRAFI DANAU DENDAM TAK SUDAH SEBAGAI OBJEK WISATA KOTA BENGKULU

Authors

  • Ayu Chaterina Elisabeth Tampubolon Universitas Prof.Dr Hazairin, SH Bengkulu
  • Yanmesli Yanmesli Universitas Prof.Dr Hazairin, SH Bengkulu
  • Anggun Dwi Utami Universitas Prof Dr Hazairin SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.4011

Keywords:

Kata kunci : Potensi, Wisata Dan Danau

Abstract

Potensi Geografi Danau Dendam Tak Sudah Sebagai Objek Wisata Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan potensi gografi objek wisata danau dendam tak sudah Kota Bengkulu.    Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, informan pada penelitian ini adalah dinas pariwisata, BKSDA, dinas kehutanan serta pengunjung dan pedagang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh secara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan potensi geografi Danau Dendam Tak Sudah dapat dilihat dari kondisi potensi geografi fisiknya yakni iklim, tanah, Air dan flora dan fauna. Danau dendam dulunya merupakan Cagar Alam yang sudah menjadi daerah permukiman, pertanian, objek wisata, banyak kegiatan ekonomi yang menguntungkan bagi masyarakat di sekitar danau dendam tak sudah. Setelah mengalami perkembangan sebagian fungsi Cagar Alam Danau Dusun Besar telah mengalami perubahan menjadi Taman Wisata Alam  berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkuungan Hidup dan Kehutanan Nomor : SK.79/MENLHK/SETJEN/ PLA.2/12019 tanggal 21 Januari 2019 tentang Perubahan Fungsi Dalam Fungsi Pokok Kawasan Hutan dari sebagian kawasan Cagar Alam Danau Dusun Besar menjadi Taman Wisata Alam di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu seluas ± 88 Ha. Didalam suatu objek wisata mengembangkan sektor pariwisata Danau Dendam Tak Sudah  sangat diperlukan program yang terarah  dan tepat dalam meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Mayasari, D., & Soeswoyo. (2020). Peningkatan Kualitas Masyarakat Melalui Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(1), 2020.
Astina, I. K. 1999. Geografi Pariwisata. Malang: Universitas Negeri Malang.
Arevin, A.T. 2007. Perencanaan Dan Rancangan Program Penyuluhan Sadar Wisata Bagi Pengelola Usaha Rumah Makan Di Kota Bogor. Panorama Nusantara, 10 (3).
Pu Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cetakan IV. 2011 blishing. 2004
Patilima, Hamid, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2007.
Rahim, Firmansyah. (2012). Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.
Rahma, A. A. (2020). Jurnal Nasional Pariwisata. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(April), 1–8.
Sinaga, Supriono. 2010. Potensi dan Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kertas Karya. Program DIII Pariwisata. Universitas Sumatera Utara. Akses 26 November 2017.

Downloads

Published

2023-08-23

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)