Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 6 Seluma

Penulis

  • Cici Andriani Pendidikan Geografi FKIP Unihaz
  • Fevi Wira Citra
  • Edwar Edwar
  • Nurmintan Silaban

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.3001

Kata Kunci:

Pembelajaran Saintifik TPACK, Geografi, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi pada siswa kelas X IPS di Sman 6 Seluma. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik berbasis technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pada mata pelajaran geografi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMAN 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 siswa kelas X IPS, sampel dalam penelitian ini terdapat 2 kelas. Dimana kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran saintifik berbasis TPACK dan kelas X IPS 2 sebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan posh-test. Tekhnik analisis data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sampel T-test, dan uji independen sampel T-test dengan menggunakan aplikasi spss 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,000 < dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Berpengaruh Nyata Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Aiyanti, I. (2020). Penerapan Technological Pedagogical Kontent Knowledge (tpack) Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Status Sertifikasi Guru,Lama Mengajar, Dan Bidang Studi Guru. Skripsi Pada PIPS FKIP, Universitas Sanata Darma. Yogyakarta.
Arsip TU SMAN 6 Seluma Tahun 2022.
Farikah, dkk. (2020) Berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). proseding seminar nasional riset teknologi terapan
Hardila, dkk (2020). “modul pembelajaran geografi berbasis pendekatan saintifik”. jurnal pendidikan, geografi.vol.7 (1).
Hosnan, M. (2014) pendekatan saintifik dan kontekstual abad 21. Bogor: ghalia Indonesia
Irdalisa, (2020). Pelatihan Guru Terhadap Peningkatan TPACK. Modul PPG.FKIB.
Isnaini,M. (2021) “Peran Kepala Maddrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. Iain Ponorogo
Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pendidikan.
Prasetya, A.S, dkk (2021). ‘’ A New Pedagogical Approach in Islamic Education in the Pandemic Era”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 12, (2), 291-317.
Ratri, F.K. (2021).” Integrasi Technolocal Pedagogical And Conten knowledge Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3”. Journal of Primary and Children’s Education.Vol. 4, (2)
Riayana, W.A., 2019. Pengaruh pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar Ips siswa. Skripsi pada F Tarbiah Dan Tadris PGMI : IAIN Bengkulu.
Rusydiyah, E.F. (2019) Implementasi Pembelajaran 4.0. UIN Sunan Ampel Press.
Sitorus, J.A.S 2019. Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Terhadap Kemempuan Pemahaman Matematis Pada Siswa SMP Bina Satria Medan Tp 2019/2020. Skripsi F Keguruan dan Ilmu Keguruan UMSU
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suja, W.I (2019). “Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Abad XXI”. Makalah Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Universitas Pendidikan Ganesha.
Suryabrata, Sumadi (2008). Metodologi penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Suyamto, dkk (2020). ‘’Analisis Kempuan Technological, Pedagogical, And Conten Knowledge Guru Biologi SMA Dalm Menyusun Perangkat Pembelajaran Matateri SIstem Peredaran Darah” Jurnal pendidikan IPA Volume: I (45-57)
Syafi’I, A. dkk. (2018) “Studi Tenteng Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi’’. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, (2), 115-123.
Widiastuty,R.D., dkk (2021).” Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI Telkom Bandung)”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 6, (2).

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>