Assesment Of Geography For 21st Century
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v5i1.1156Kata Kunci:
Keywords: Geographic assessment, HOTS, Thirteen, 21st century assessmentAbstrak
Penilaian atau asesmen merupakan istilah umum mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai unjuk kerja individu peserta didik atau kelompok. Proses penilaian mencakup pengumpulan bukti untuk menunjukkan ketercapaian belajar peserta didik. Pada hakikatnya, basis dari penilaian sendiri harus dikondisikan dengan zaman agar peserta didik bisa mengimbangi tuntutan karena adanya perubahan zaman tersebut. Penilaian Abad 21 merupakan suatu wujud implementasi dari adanya perkembangan zaman, untuk mencapai ketercapaian dari implementasi penilaian abad 21 tersebut, maka banyak sekali basis-basis penilaian yang dikondisikan untuk penyetaraan kemampuan akibat perubahan zaman. Assemen pada mata pelajaran sudah diimplementasikan oleh beberapa pihak terkait, salah satu mata pelajaran yang memiliki basis-basis penilaian dalam penyetaraan perubahan zaman terkait dengan penilaian abad 21 adalah mata pelajaran Geografi. Adapun penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, data yang digunakan berkaitan dengan penilaian pada mata pelajaran geografi, sumber data yang digunakan yakni dari Google Scholar, ERIC, Sage Journal, dan Taylor and Francis Group Jounal. Hasil penelitian pada artikel ini berupa penilaian geografi berbasis (HOTS) Higher Order Thinking Skills, penilaian geografi berbasis TIGAS (Trends in International Geography Assessment Study), dan kerangka penilaian Abad 21 untuk ilmu Geografi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







