Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 6 Seluma
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.3001Kata Kunci:
Pembelajaran Saintifik TPACK, Geografi, Prestasi Belajar SiswaAbstrak
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi pada siswa kelas X IPS di Sman 6 Seluma. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik berbasis technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pada mata pelajaran geografi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMAN 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 siswa kelas X IPS, sampel dalam penelitian ini terdapat 2 kelas. Dimana kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran saintifik berbasis TPACK dan kelas X IPS 2 sebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan posh-test. Tekhnik analisis data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sampel T-test, dan uji independen sampel T-test dengan menggunakan aplikasi spss 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,000 < dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Berpengaruh Nyata Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







