Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 6 Seluma

Penulis

  • Cici Andriani Pendidikan Geografi FKIP Unihaz
  • Fevi Wira Citra ,
  • Edwar Edwar ,
  • Nurmintan Silaban ,

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v7i1.3001

Kata Kunci:

Pembelajaran Saintifik TPACK, Geografi, Prestasi Belajar Siswa

Abstrak

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi pada siswa kelas X IPS di Sman 6 Seluma. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran saintifik berbasis technological pedagogical and content knowledge (TPACK) pada mata pelajaran geografi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMAN 6 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 67 siswa kelas X IPS, sampel dalam penelitian ini terdapat 2 kelas. Dimana kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran saintifik berbasis TPACK dan kelas X IPS 2 sebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran saintifik. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan posh-test. Tekhnik analisis data terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sampel T-test, dan uji independen sampel T-test dengan menggunakan aplikasi spss 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa nilai sig (2-tailed) = 0,000 < dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Mata Pelajaran Geografi Berpengaruh Nyata Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>