Miskonsepsi Pada Materi Litosfer Untuk Mengungkap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu
Kata Kunci:
Geografi, Miskonsepsi, Three-Tier Multiple ChoiceAbstrak
Pembelelajaran Geografi pada tingkat SMA pada materi menjadi masalah yang membingungkan dalam pemahaman konsep siswa terhadap lithosfer. Banyaknya istilah batuan dan prosesnya banyak konsep yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses belajaranya. Maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa kelas X SMA dalam materi litosfer. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dan validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes Pilihan Ganda Tiga Tingkat (Three-Tier Multiple Choice). Analisis data dengan Uji validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis kombinasi jawaban pada Three-Tier. Hasil penelitian sebagai berikut: (1). Kategori miskonsepsi yang paling tinggi yaitu Miskonsepsi (MS) 38% dan kategori yang lainnya yaitu Memahami Konsep (MK) 30%, Kurang Pengetahuan (KP) 23% dan Error (ER) 9%. (2). Miskonsepsi yang terjadi pada siswa diindikasikan dalam proses pembelajaran guru banyak menggunakan metode mengajar denganĀ ceramah sehingga miskonsepsi siswa pada materi litosfer sulit dalam menjelaskan dan mendiskripsikan jenis, proses dan bentukan hasil batuan pada lapisan litosfer.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







