Konstruksi Tes Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh

Penulis

  • Muhammad Aliman Universitas Negeri Malang image/svg+xml
  • Takhiyattul Ulfi SMAN 6 Malang, Indonesia ,
  • Syahril Lukman Pendidikan Geografi, STKIP Kie Raha, Ternate, Indonesia ,
  • Hujairah Hi Muhammad Universitas Bumi Hijrah, Tidore, Indonesia ,

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.738

Kata Kunci:

Spatial Thinking, Geography Learning, Development of Test Instruments

Abstrak

Belum diketahuinya kemampuan dasar berpikir spasial siswa SMA diawal pertemuan. Mengakibatkan pembelajaran geografi yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Diperlukan instrumen tes yang valid untuk mengetahui kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir spasial dari indikator yang dikembangkan oleh Sharpe dan Huynh. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menguji validitas, realibilitas, daya beda butir soal, tingkat kesukaran, dan korelasi antar butir soal dengan menggunakan software ANATES versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 25 butir soal layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Kemampuan berpikir spasial yang dimiliki oleh siswa dapat ditingkatkan dan dikembangkan dengan menerapkan pembelajaran geografi sesuai dengan kapasitas kemampuan berpikir spasialnya. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2019-07-02

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama