Konstruksi Tes Kemampuan Berpikir Spasial Model Sharpe-Huynh
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.738Kata Kunci:
Spatial Thinking, Geography Learning, Development of Test InstrumentsAbstrak
Belum diketahuinya kemampuan dasar berpikir spasial siswa SMA diawal pertemuan. Mengakibatkan pembelajaran geografi yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan siswa. Diperlukan instrumen tes yang valid untuk mengetahui kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir spasial dari indikator yang dikembangkan oleh Sharpe dan Huynh. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menguji validitas, realibilitas, daya beda butir soal, tingkat kesukaran, dan korelasi antar butir soal dengan menggunakan software ANATES versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 25 butir soal layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Kemampuan berpikir spasial yang dimiliki oleh siswa dapat ditingkatkan dan dikembangkan dengan menerapkan pembelajaran geografi sesuai dengan kapasitas kemampuan berpikir spasialnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







