Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL

1.KETENTUAN UMUM

  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baku atau bahasa Inggris yang baik dalam bidang kajian masalah ekonomi dan pembangunan.
  • Artikel lebih diutamakan hasil penelitian, dan kajian empiris atau hasil pemikiran konseptual dan kajian teoritis dalam bidang ekonomi yang belum pernah dimuat dan tidak sedang dikirim ke terbitan/jurnal lain
  • Naskah diketik satu (1) spasi dan satu kolom menggunakan huruf Arial 11 menggunakan ukuran kertas UNESCO A4 sebanyak 10-15 halaman
  • Penulis bertanggung jawab sepenuhnya atas isi artikel

 2.KETENTUAN KHUSUS

A. SISTEMATIKA PENULISAN

  1. Sistematika penulisan harus  lengkap  dan  bersistem  baik  yang  mengikuti  kaedah-kaedah selingkung dan ciri berkala ilmiah sebagai berikut:
    • Sistematika artikel hasil penelitian: judul; nama penulis (tanpa gelar  akademik); abstrak (maksimum 200 kata berisi tujuan, metode dan hasil penelitian); kata  kunci; pendahuluan yang berisi latar belakang penelitian,   pokok masalah serta tujuan penelitian; landasan teori yang berisi penelitian sebelumnya dan landasan teori yang digunakan; metode penelitian; hasil dan pembahasan; simpulan dan saran; serta daftar pustaka.
    • Sistematika artikel hasil pemikiran konseptual: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); abstrak (maksimum 200 kata); kata  kunci; pendahuluan berisi latar belakang dan ruang lingkup tulisan; pembahasan berisi bahasan utama yang dapat dibagi ke dalam sub-bagian; penutup; serta daftar pustaka
    • Pengacuan Pustaka dengan sistem nama dan tahun, Misalnya ; Menurut Vazquez (2014), atau Peneliti terdahulu (Thiessen 2003; Oates, 2007) berpendapt bahwa …. atau bahwa desentralisasi fiskal telah mendorong pertumbuhan ekonomi (Akai dan Sakata, 2002)
    • Daftar Pustaka harus ditulis secara konsisten diurutkan menurut alfabetis (nama, tahun, urut abjad) mengikuti sistem Harvard
    • Untuk buku ditulis dengan urutan: Nama pengarang, Tahun, Judul Buku, Edisi, Kota penerbit: Nama penerbit.
    • Untuk jurnal/majalah/terbitan berkala ditulis dengan urutan: Nama penulis, Tahun, Judul tulisan, Nama jurnal/majalah, Vo, No., Hal., Kota penerbit: Nama penerbit.
    • Untuk tulisan/karangan yang merupakan bagian dari buku ditulis dengan urutan: Nama pengarang, Tahun, Judul  tulisan/karangan, dalam  (atau  in)   nama  Editor  (Ed),  Judul   buku,  Hal.  (pp.), Kota penerbit, Nama pen
    • Untuk rujukan dari internet, tanggal akses atau tanggal download harus dicantumk
    • Untuk rujukan dari koran ditulis dengan urutan: Nama penulis, (anonim, jika tidak ada pengarangnya), Tahun, bulan, tanggal, Judul tulisan, Nama koran, Nomor halaman, (kolom).

2.FORMAT ARTIKEL

  • Judul

Judul artikel harus ditulis spesifik dan efektif, tidak boleh disingkat dan tidak lebih dari 14 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia, atau 10 kata bahasa Inggris. Judul mencerminkan isi dari artikel sehingga dapat menjadi langkah awal bagi pembaca untuk memahami isi artikel.

  • Nama Penulis

Nama penulis artikel ditulis baku dan lengkap tanpa gelar akademis, dan di bawah nama penulis disertai alamat lembaga dan alamat e-mail.

  • Abstrak & Kata Kunci

Abstrak merupakan sari tulisan yang meliputi latar belakang penelitian secara ringkas, tujuan, teori, bahan dan metode yang digunakan, hasil temuan serta simpulan. Isi abstrak maksimal 200 kata. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris. Tetapi, jika artikel ditulis dalam bahasa inggris, maka abstrak tetap dalam bahasa inggris saja. Di bawah abstrak disertai kata kunci.

  • Pendahuluan

Dalam pendahuluan dikemukakan suatu permasalahan/konsep/hasil penelitian sebelumnya secara jelas dan ringkas sebagai dasar dilakukannya penelitian. Pendahuluan juga harus menjelaskan mengapa topik penelitian dipilih dan dianggap penting, dan diakhiri dengan menyatakan tujuan penelitian tersebut.

  • Landasan Teori

Landasan teori yang disertakan harus singkat, tetapi tetap baku dan padat dan hanya landasan teori yang benar-benar digunakan saja. Sebaiknya berisi penelitian sebelumnya yang mendukung penguatan pentingnya penelitian atau artikel tersebut perlu dilakukan dan ditulis, serta kerangka pikir atau hipotesis penelitian jika ada.

  • Metode Penelitian

Menguraikan desain riset  atau  tata  cara  penelitian secara rinci  (metode, jenis  data, sumber data, teknik pengumpulan data, dan model analisis data serta cara penafsiran atau cara interprestasi hasil penelitian)

  • Hasil dan Pembahasan

Berisi hasil penelitian yang sewajarnya dan dianggap paling menonjol yang disusun secara sistematis, informatif dan kritis serta ditulis dalam bentuk bahasa yang baku (baik dan benar). Hasil pengolahan data yang disajikan harus  selektif  dan  mampu  menggunakan  fasilitas  penjelas  secara  informatif  dan  kritis sehingga  tidak memberikan  informasi  yang  berulang.  Pembahasan hasil merupakan analisis atau argumentasi kritis mengenai relevansi hasil dengan teori dan fakta empiris, manfaat serta kemungkinan pengembangan yang lebih bermakna ilmiah dan universal.

  • Simpulan dan Saran

Simpulan harus dapat dirumuskan dengan tajam, tegas, cermat, singkat dan jelas serta berdasarkan fakta temuan empiris dalam penelitian atau hasil pemikiran kritis yang mampu memacu penelitian berikutnya. Saran atau rekomendasi jika ada   harus tegas, dan jelas serta bersifat operasional dan tetap harus terkait dengan hasil penelitian ilmiah yang ditemukan.

  • Daftar Pustaka

Bahan rujukan (referensi) yang dimasukkan dalam daftar pustaka hanya yang benar-benar disebutkan dalam naskah artikel, serta harus mengikuti sistematika seperti yang telah dijelaskan di atas. Daftar rujukan bacaan diharapkan 85% dari referensi buku atau jurnal-jurnal ilmiah terbaru maksimal terbitan 10 tahun terakhir. Semakin tinggi pustaka primer yang diacu akan semakin baik dan makin bermutu artikel tersebut.

 

Pengiriman Naskah

  1. Naskah artikel dikirimkan dalam bentuk file WORD dan PDF ke alamat email Redaksi dengan alamat jaz@unihaz.ac.id
  2. Pengiriman artikel disertai Daftar Riwayat Hidup Penulis, termasuk catatan tulisan-tulisan ilmiah yang pernah dipublikasikan sebelumnya.

Kepastian naskah dimuat atau tidak akan diberitahukan melalui email penulis.