PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DAN PAJAK PENJUALAN ATAS BARANG MEWAH (PPNBM) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN PADA SPARE PART ALAT BERAT DI KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.32663/sz765750Keywords:
Pengenaan PPN, PPNBM, Daya BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengenaan PPN dan PPNBM berpengaruh terhadap daya beli konsumen spare part alat berat di kota Bengkulu. Jenis Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 wajib pajak yang melakukan pembelian sparepart alat berat di Kota Bengkulu pada tahun 2023. Metode analisis yang digunakan adalah penelitian deskriptif
Hasil penelitian menunjukkan Variabel X 1 (Pengenaan PPN) menunjukkan nilai thitung Lebih besar Ldari LTtabel (2,749>1,677) dan lnilai signifikansi sebesar l0,008 l< l0,05. maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya X1 (Pengenaan PPN ) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Daya beli konsumen (Y). Variabel X2 (Pengenaan PPnBM) menunjukkan lnilai thitung lebih lbesar ldari ttabel L(6,075 L>1,677) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil ldari 0,05, maka H0 ditolak ldan Ha diterima. Artinya X2 (Pengenaan lPPnBM) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Daya beli konsumen (Y). Variabel X1 (Pengenaan PPN) dan Variabel X2 (Pengenaan PPnBM) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap daya beli konsumen (Y) hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung l> Ftabel (28,904 l> l3,20) dan signifikansi sebesar l0,000 l< l0,05.