Template

JUDUL (Times New Roman 14 pt, Bold)

Judul artikel harus ditulis spesifik, jelas dan bersifat informatif serta mengandung gagasan utama dari isi manuskrip.

 

 

Nama Penulis 1[1] • Nama Penulis 2 • Nama Penulis 3 (12 pt, Bold)

Nama penulis ditulis baku dan lengkap tanpa gelar akademis. Dibagian catatan kaki, ditulis juga nama penulis disertai afilisasi atau lembaga dan alamat e-mail. Penulis korespondensi diberi tanda (*)

 

 

Abstract. Abstrak merupakan sari tulisan yang meliputi latar belakang penelitian secara ringkas, tujuan, teori, bahan dan metode yang digunakan, hasil temuan serta simpulan. Isi abstrak maksimal 250 kata termasuk kata penghubung. Jika artikel ditulis dalam bahasa Indonesia, maka abstract harus ditulis dalam bahasa Inggris. Tetapi, jika artikel ditulis dalam bahasa Inggris, maka abstract tetap dalam bahasa Inggris.

 

Keywords : Word#1, Word#2, Word#3, Word#4, Word#5 (12 pt, Italic)

Keywords harus merupakan kata baku yang dipilih dari isi artikel yang mampu mencerminkan ide dan konsep artikel. Keywords dapat berupa kata atau frasa ditulis dalam Bahasa Inggris. Keywords akan berfungsi untuk indeksasi artikel untuk mempermudah pembaca mengakses artikel. Keywords berjumlah 3-5 kata atau frasa dan ditulis berdasarkan urutan abjad huruf pertama tiap kata/frasa.

 

 

PENDAHULUAN

Dalam pendahuluan dikemukakan suatu permasalahan/konsep/hasil penelitian sebelumnya secara jelas dan ringkas sebagai dasar dilakukannya penelitian. Pendahuluan juga harus menjelaskan mengapa topik penelitian dipilih dan dianggap penting, dan diakhiri dengan menyatakan tujuan penelitian tersebut.

 

LANDASAN TEORI

Landasan teori yang disertakan harus singkat, tetapi tetap baku dan padat dan hanya landasan teori yang benar-benar digunakan saja. Bagian ini juga berisi penelitian sebelumnya yang mendukung penguatan pentingnya penelitian atau artikel tersebut perlu dilakukan dan ditulis, serta memuat kerangka pikir atau hipotesis penelitian jika ada.

METODOLOGI

Menguraikan desain riset  atau  tata  cara  penelitian secara rinci  (metode, jenis  data, sumber data, teknik pengumpulan data, dan model analisis data serta cara penafsiran atau cara interprestasi hasil penelitian)

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Berisi hasil penelitian yang sewajarnya dan dianggap paling menonjol yang disusun secara sistematis, informatif dan kritis serta ditulis dalam bentuk bahasa yang baku (baik dan benar). Hasil pengolahan data yang disajikan harus  selektif  dan  mampu  menggunakan  fasilitas  penjelas  secara  informatif  dan  kritis sehingga  tidak memberikan  informasi  yang  berulang.  Pembahasan hasil merupakan analisis atau argumentasi kritis mengenai relevansi hasil dengan teori dan fakta empiris, manfaat serta kemungkinan pengembangan yang lebih bermakna ilmiah dan universal.

 

SIMPULAN

Simpulan harus dapat dirumuskan dengan tajam, tegas, cermat, singkat dan jelas serta berdasarkan fakta temuan empiris dalam penelitian atau hasil pemikiran kritis yang mampu memacu penelitian berikutnya. Simpulan dapat dilengkapi dengan Saran yang bersifat tegas, operasional dan jelas serta terkait dengan hasil penelitian ilmiah yang ditemukan.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

Bab ini merupakan pilihan, boleh tidak ada. Ucapan terima kasih dituliskan untuk lembaga/perorangan yang berperan nyata dalam penulisan manuskrip dan umumnya adalah penyandang dana.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Bahan rujukan (referensi) yang dimasukkan dalam daftar pustaka hanya yang benar-benar disebutkan dalam naskah artikel, serta harus mengikuti sistematika seperti yang telah dijelaskan di atas. Cara merujuk pada teks dan penulisan daftar pustaka mengikuti gaya American Psycological Association (APA) 6th Edition dan disarankan menggunakan perangkat lunak pengelola referensi seperti Mendeley, Zotero, EndNote atau yang lainnya. Sumber pustaka yang dirujuk haruslah referensi termutakhir paling lama 10 tahun terakhir. Sumber pustaka bersumber dari jurnal/prosiding ilmiah minimal 80% dari seluruh referensi dan jumlah referensi yang dirujuk minimal 15 referensi dengan minimal 60%nya berada di “Pendahuluan”

 

Feng, X., Ljungwall, C., Guo, S., & Wu, A. M. (2013). Fiscal Federalism: a refined theory and its application in the Chinese context. Journal of Contemporary China, 22(82), 573–593. https://doi.org/10.1080/10670564.2013.766381

Lin, J., & Liu, Z. (2000). Fiscal decentralization and economic growth. In China. Economic Development and Cultural Change, 49(1), 1–22.

Mankiw, N. G., Romer, D., & Weil, D. N. (1992). a Contribution To the Empirics of Economic Growth*. Source: The Quarterly Journal of Economics, 107143192(2), 407–437. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/2118477

Muse, B. O., Olorunleke, K., Alimi, R. S., Polytechnic, R. G., State, O., State, O., & State, O. (2013). The Effect of Federal Government Size on Economic Growth in. 3(7), 68–77.

Siddiquee, N. A., Nastiti, D., & Sejati, N. A. (2012). Regional Autonomy and Local Resource Mobilization in Eastern Indonesia: Problems and Pitfalls of Fiscal Decentralization. Asian Affairs: An American Review, 39(1), 44–68. https://doi.org/10.1080/00927678.2012.649636

Hidayat, Syarif. (2005). Too Much Too Soon ; Local States Elite’s Perspective on The Puzzle Of Contemporary Indonesian Regional Autonomy Policy. Jakarta: Rajawali Pers.

Khusaini, Mohammad. (2006). Ekonomi Publik - Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah, Malang, BPFE Unibraw.

BAPPENAS Dan UNDP. (2008). Studi evaluasi dampak pemekaran daerah 2001-2007.

 

 

Lampiran

 

Contoh Gambar dan Tabel

 

Gambar 2. Anggaran dan Realisasi Penerimaan Pajak Restoran 2008-2015

 

Sumber : DPPKAD Kota Bengkulu, data dioleh

  

Tabel 3. Potensi Pajak Restoran Kota Bengkulu Tahun 2017-2021

Tahun

Analisis Trend

Proyeksi pendekatan rata-rata potensi dan asumsi pertumbuhannya

Rendah (5%)

Sedang (10%)

Tinggi (15%)

2017

 

 

 

 

2018

 

 

 

 

2019

 

 

 

 

2020

 

 

 

 

2021

 

 

 

 

Sumber : Hasil perhitungan

 

 

[1] Nama Penulis 1 (*)

Afilisasi/Institusi

Email

 

Nama Penulis 2

Afilisasi/Institusi

Email

 

Nama Penulis 3

Afiliasi/Institusi

Email