PENGARUH SOFT SKILL DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KESIAPAN FRESH GRADUATE DALAM ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA PRODI MANAJEMEN UNIHAZ BENGKULU)

  • Fauzan Fauzan Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu

Abstract

Sifat penelitian ini adalah eksplanatory risearach, yaitu untuk mengetahui hubungan variabel soft skill (X1) dan locus of control (X2) dengan kesiapan fresh graduate dalam era industri 4.0 (Y) dan menguji hipotesa. Penelitian ini menggunakan  data kuantitatif yang berasal dari  penyebaran kuesioner kepada reponden kemudian diolah kedalam analisa statistik.


Hasi analisis diperoleh (1) variabel soft skill (X1) dan Locus Of Control Internal (X2) berpengaruh positif terhadap kesiapan fresh graduate dalam era industri 4.0 (Y). Hal tersebut ditunjukkan oleh regrasi berganda, korelasi berganda, determinasi, uji-t dan uji-f.  (2) Variabel soft skill memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan Locus Of Control Internal dalam menumbuhkan kesiapan menghadapi era industri 4.0 bagi lulusan prodi manajemen Unihaz Bengkulu yang menyelesaikan masa studinya..


Sebagai saran,  mahasiswa diberikan pasilitas dan kesempatan untuk mengembangkan soft skill seperti mengikuti organisasi kemahasiswaan, organisasi kerohanian dan mengikuti lomba-lomba untuk pengembangan diri. Disamping itu   perlu ditumbuh dan kembangkan  rasa percaya diri agar lulusan yang baru menyelesaikan studi tetap optimis dalam menatap masa depan dalam era industri 4.0

Author Biography

Fauzan Fauzan, Universitas Prof.Dr. Hazairin,SH Bengkulu

Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Published
2020-01-20
How to Cite
FAUZAN, Fauzan. PENGARUH SOFT SKILL DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KESIAPAN FRESH GRADUATE DALAM ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA PRODI MANAJEMEN UNIHAZ BENGKULU). CRMJ - Creative Research Management Journal, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-10, jan. 2020. ISSN 2621-1092. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/crmj/article/view/1105>. Date accessed: 26 feb. 2020.
Section
Articles