ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PROF. DR. HAZAIRIN, SH BENGKULU

Authors

  • Markoni Markoni Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32663/crmj.v2i1.837

Keywords:

Kepuasan Pengunjung

Abstract

Abstrak

Melalui Penelitian  ini diharapkan mendapatkan gambaran tentang bagaimana Kepuasan Pengunjung Perpustakaaan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 Orang dengan teknik accidental sampling.  Pengumpulan Data menggunakan Kuisioner, dan  analisa data menggunakan metode  Customer Satisfaction Index (CSI), dengan memperhitungkan tingkat Kepentingan Pengunjung dan Tingkat Kinerja Pegawai. Aspek-aspek yang dinilai meliputi Ketersediaan Referensi, Kejelasan Informasi, Kecepatan Pelayanan, Jaringan Internet, Keramahan Petugas serta Kenyamanan Ruang Baca.

Dari hasil analisis data diperoleh  Nilai Customer Satisfaction Indeks (CSI) atau indeks kepuasan Pengunjung Perpustakaan Unihaz adalah sebesar 66,15 %. Hal ini menunjukkan bahwa Pengunjung Perpustakaan Unihaz Bengkulu dapat dikatakan puas. Ditinjau dari tingkat Kepentingan, dari semua aspek yang diteliti, asfek asfek yang  menurut pengunjung sangat Penting dan perlu terus ditingkatkan terutama asfek Ketersediaan Referensi, Jaringan Internet, serta kenyamanan ruang baca. Sedangkan asfek asfek yang perlu mendapat perhatian agar kepentingan pengunjung Perpustakaan dapat terpenuhi dan mendapat kepuasan adalah Kecepatan Pelayanan, Kejelasan Informasi, serta Keramahan Pegawai

 Sebaliknya dari ke-enam asfek Penilaian terhadap tingkat Kinerja pegawai, maka asfek asfek yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan terutama asfek Kejelasan Informasi Kecepatan Pelayanan serta Keramahan Pegawai Perpustakaan Unihaz.

Author Biography

  • Markoni Markoni, Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

    Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles