PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA BAGI LULUSAN PRODI MANAJEMEN UNIHAZ BENGKULU

Authors

  • Fauzan Fauzan Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32663/crmj.v2i1.847

Keywords:

Pengetahuan Kewirausahaan, Locus Of Control Internal, Motivasi Berwirausaha

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bersifat eksplanatory risearach, karena melihat hubungan variabel pengetahuan kewirausahaan(X1) dan locus of control (X2) dengan motivasi berwirausaha (Y) serta pengujian hipotesa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kerpada responden kemudian diolah kedalam analisa statistik.

Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) variabel pengetahuan kewirausahaan (X1) dan Locus Of Control Internal (X2) berpengaruh positif terhadap motivasi berwirausaha (Y) lulusan prodi manajemen Unihaz Bengkulu. Informasi ini dapat dilihat dari persamaan regresi, korelasi berganda, determinasi, uji-t dan uji-f.  (2) Variabel Locus Of Control Internal memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan pengetahuan kewirausaan dalam menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi lulusan prodi manajemen Unihaz Bengkulu.

Sebagai saran, kedepan perlu inovasi-inovasi baru dalam penyampaian mata kuliah kewirausahaan, guna meningkatkan pengetahuan kewirausahaan kepada mahasiswa sebagai bekal mereka setelah menjadi sarjana. Perlu ditumbuh dan kembangkan  rasa percaya diri dan keyakinan bahwa dengan berwirausaha kepada mahasiswa mereka mempunyai peluang suskes yang sangat besar. 

 

Author Biography

  • Fauzan Fauzan, Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

    Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles