ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT TERHADAP RESIKO NON PEFORMING LOAN (NPL) (STUDI KASUS PADA BANK MANDIRI CABANG S. PARMAN BENGKULU)

Authors

  • Venny Puspita Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32663/crmj.v2i1.851

Keywords:

Faktor yang mempengaruhi pemberian kredit, Risiko Non Peforming Loan (NPL)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey, sumber data penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan  data skunder di peroleh dari berbagai literature. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif analisis factor.

Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa ada 20 variabel  yang diuji menunjukkan ada 17 variabel dan lima factor yang mempengaruhi pemberian kredit pada Bank Mandiri S Parman Bengkulu yaitu factor Individu Debitur, Factor Kemampuan Debitur, Factor Income, Factor Kekuatan dan Factor Risiko.

Sebagai saran, untuk mengurangi risiko tingginya nilai Rasio Non Peforming Loan (NPL) Pihak Pemberi Kredit dalam hal ini Perbankkan harus memahami dasar perkreditan yang sesuai dengan aturan dan kebijakan dalam penyaluran kredit. Pihak perbankkan harus jeli dalam menganalisa tentang calon debitur yang akan 

meminjam kredit.

Author Biography

  • Venny Puspita, Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH Bengkulu

    Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles