EMPLOYEE ENGAGEMENT DAN SOFT SKILL SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN GRAGE HOTEL KOTA BENGKULU

Authors

  • Fauzan Fauzan
  • Markoni Markoni

DOI:

https://doi.org/10.32663/crmj.v5i1.2779

Keywords:

Employee Engagement, t, Soft Skill, Employee Performance

Abstract

Gelombang pandemi C-19 berangsur-angsur mulai mereda  berdampak positif terhadap dunia pariwisata dan perhotelan di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu berangsur-angsur menunjukkan geliatnya kembali. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel yg diamati yaitu Employee Engagment (X1) dan Soft Skill (X2) Tehadap Kinerja Karyawan (Y) dan menguji hipotesa. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berasal dari penyebaran kuesioner kepada reponden kemudian diolah kedalam analisa statistik. Hasi analisis diperoleh (1) Employee Engagment (X1) dan Soft Skill (X2) berpengaruh positif Tehadap Kinerja Karyawan (Y) yang ditunjukkan oleh regresi berganda, korelasi berganda, determinasi, uji-t dan uji-f.  (2) variabel Soft Skill memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan Employee Engagment Tehadap Kinerja Karyawan Grage Hotel Kota Bengkulu. Implementasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang didukung oleh karyawan yang memiliki  Employee Engagment dan Soft Skill yang baik yang dapat mengembangkan bisnisnya.

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles