Pendidikan Berbasis Jender
Kata Kunci:
Pendidikan dan JenderAbstrak
Ada suatu kajian ilmiah yang berkaitakan dengan jender. Nampaknya hasil kajian tersebut, khususnya yang berkaitan dengan jender mengalami perkembangan yang pesat. Hal itu terbukti dengan bergesernya paradigma peneltian ke arah penelitian yang tidak semata-mata hanya meneliti masalah pendidikan dan bahasa yang berkaitan dengan sex dalam pengertian biologis, melainkan telah menuju pada paradima penelitian jender sebagai konsep sosial dan budaya. Aldous Huxley dalam Coulmas (1988: 36) menyatakan bahwa pada abad 18, di mana logika dan ilmu pengetahuan menjadi sebuah mode (trend). Perempuan berusaha berbicara seperti halnya laki-laki, sementara itu pada abad 20 justru terjadi sebaliknya. Hasil kajian tersebut hendaknya menjadi pehatian guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah.
Unduhan
Referensi
Coulmas, Florian (ed). 1998. The Handbook of Sociolinguistics. Massachusetts: Blackwell.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Penerbit Reneka Cipta.
Faisal, Adib. Panduan Untuk Pendamping Perempuan Korban Kekerasan Berbasis Pesantren. Ciganjur: Puan Amal Hayati.
Muthali’in, Achmad. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purbani, Widyastuti. 2005. Membangun Pendidikan Berperspektif Gender di Pesantren, (Disampaikan sebagai bahan diskusi pada Lokakarya "Pendidikan untuk Perempuan: Belajar dari Pengalaman Pesantren" di Jakarta 7 Januari 2005).
Selden, Raman. 1993. Panduan Membaca Teori Sastra Masa Kini. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Trudgill, Peter. 1995. Sociolinguistics: An Introduction to Language and Society. Edisi revisi. London: Penguin.
Wardhaugh, Ronald. 1998. An Introduction to Sociolinguistics. Edisi ketiga. Massachusetts: Blackwell.
Wodak, Ruth & Gertraud Benke. 1998. “Gender as a Sociolinguistics Variable: New Perspectives on Variation Studies†dalam Coulmas. The Handbook of Sociolinguistics. Oxford: Blackwell
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.