Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Geografi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3951Keywords:
Kata kunci: Hasil Belajar, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (students teams achievement division) pada pembelajaran geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah kerkap. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatlan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peneingkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 20% dan pada Pertemuan II 33.33% ,Siklus II pertemuan I sebesar 70% dan pada pertemuan II 86,66%,
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.