Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Geografi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3951Keywords:
Kata kunci: Hasil Belajar, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (students teams achievement division) pada pembelajaran geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah kerkap. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatlan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peneingkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 20% dan pada Pertemuan II 33.33% ,Siklus II pertemuan I sebesar 70% dan pada pertemuan II 86,66%,
Downloads
References
Astuti. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Jetis, 3(2), 145–159.
Frasasti. (2014). Pengaruh motivasi diri dan dukungan orng tua terhadap prestasi belajara siswa di SMK santo barnadus Madiun. Jurnal Pendidikan.
Hakim. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–39.
Hamalik. (2010). Pendidikan guru kopetensi pembelajaran mikro praktek pendidikan. December 1988, 1–8.
Irawati. (2022). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya yang Memuat Seni Rupa 3 Dimensi dengan Penerapan Metode Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) pada Siswa Kelas XI MIPA 2 Semester 1 SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pel. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(70), 277–283. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/398
Islami. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan Tanggung Jawab belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. 87(1,2), 149–200.
Racmiati. (2015). upaya meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi jaring-jaring balok dan kubus melalui metode discovery learning. Jurnal Pendidikan, 171–188.
Soeharto. (2003). Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Suarabaya Intellectual Club.
Wahyuni. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Sukoharjo Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(3), 269. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.1010
Whardani. (2013). Hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar ssosiologi siswa kelas XI ilmu pengetahuan sosial SMA negeri 4 surakarta tahun ajaran 2012/2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1.
Yulianti et al. (2020). Pengaruh model kooperatif stad terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas vii di smp negeri 1 sendana kabupaten majene. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.