Penerapan Model Pembelajaran Kooperarif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Geografi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap

Authors

  • Syahri Ramadhan Hariyanto Universitas Prof.Dr Hzairin,SH Bengkulu
  • Fevi Wira Citra Universitas Prof.Dr Hzairin,SH Bengkulu ,
  • Nurmintan Silaban Universitas Prof.Dr Hzairin,SH Bengkulu ,
  • Edwar Edwar Universitas Prof.Dr Hzairin,SH Bengkulu ,

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v8i1.3951

Keywords:

Kata kunci: Hasil Belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (students teams achievement division) pada pembelajaran geografi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah kerkap. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatlan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Tarbiyah Islamiyah Kerkap pada siswa kelas X yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peneingkatan hasil  belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I pertemuan I sebesar 20% dan pada Pertemuan II  33.33% ,Siklus II pertemuan I sebesar 70% dan pada pertemuan II 86,66%,

Downloads

Downloads

Published

2023-08-16

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>