Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Pada MataPelajaran Geografi di SMAN 6 Seluma
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v8i2.4324Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 Seluma 2). Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 Seluma 3). Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 Seluma 4). Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 Seluma. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi serta siswa kelas X dan XI Ips di SMAN 6 Seluma. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 Seluma tidak baik atau tidak efektiv. Karena pihak sekolah tidak tegas terhadap guru dan siswa yang melanggar prokes membuat prokes tidak berjalan dengan baik 2). Perencanaan yang disiapkan oleh siswa sebelum melakukan pembelajaran tatap muka era new normal kurang baik karena banyak sekali siswa yang tidak meyiapkan alat prokes 3). Pelaksanaan pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi tidak berjalan dengan baik. Banyak siswa yang tidak menggunakan masker saat pembelajaran berlangsung dan banyak sekali siswa yang beranggapan bahwa virus covid-19 sudah tidak ada lagi. Faktanya virus covid-19 tidak pernah hilang, hanya mereda dan kasusnya bisa kapan saja meningkat kembali 4). Evaluasi pembelajaran tatap muka era new normal pada mata pelajaran geografi terdiri dari beberapa aspek antara lain : kedisiplinan, kehadiran, nilai tugas dan nilai ujian.
Downloads
References
Adawiyah, R, dkk., (2021) Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Era New Normal Di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu. 5, (5), 3814-3821.
Aisyah, Siti., 2021. Sistem Pembelajaran Daring Program Studi Geografi TA 2020/2021 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Prof. Dr Hazairin, SH. Bengkulu. Skripsi. Tidak diterbitkan. FKIP. Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Bengkulu ; Bengkulu
Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. In theory and practice of online learning. Canada: Athabasca University.
Huberman Michael. A, dan Miles B Matthew. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan., Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Karena pandemi covid-19
Kuntarto, E., (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Educational and Literature. 3, (1), 99-110.
Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nissa, Siti, F & Haryanto, A., (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. 8, (2), 1-8.
Pattanang, E, Limbong, M, Tambunan, W., (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada SMK Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan. 10, (2), 1-9.
Suharsaputra, Uhar., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Waton, Muhammad N., (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di New Normal Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5, (2), 315-322.
WHO Coronavirus (COVID-19) Disease Dashboard. 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.