Penggunaan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Seluma Kabupaten Seluma
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v9i1.4581Keywords:
Diskusi, Hasil Belajar, MetodeAbstract
Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma Kabupaten Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X.G berjumlah 36 siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa. Peningkatan ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 13,1% dan di siklus II sebesar 66,6%. Dari analisis d iatas dapat dipahami bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seluma Kabupaten Seluma tercapai.
Downloads
References
Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585
Ahyat, N. (2017). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. 4(1), 24–31.
Artani, N. (2022). Meningkatkan prestasi belajar seni budaya bagi siswa kelas IXa semester II SMP Negeri 4 Pupuan tahun pelajaran 2018 / 2019. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 61–67. https://ejournal.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/150
Bahasa, J., & Supriyati, I. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu. 5(1).
Christina Dhea Simamora. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi oleh guru PAK terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siatas Barita Tahun Pembelajaran 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 4(2), 103–113. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1163
Elkaharap, D., & Arianti, S. (2023). Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Di SMAN 2 Banama Tingang Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan mewujudkan suasana belajar dan proses. 10, 104–111.
Fikri, A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak
Iii, B. A. B., Penelitian, A. D., & Penelitian, S. (n.d.). Masnur Muslich, Melaksanakan PTK Itu Mudah , (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009), hlm. 10.
Jariyah, S. (2022). Implementasi Metode Diskusi Dengan Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran IPS Di Sdn 008 Simpang Gaung. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 112. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8767
Khasanah, N. N. (2020). Pengaruh Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Islam, 5–27.
Mata, B., Pendidikan, P., Islam, A., & Sman, D. I. (2023). IRJE : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. 3(1), 747–754.
Rus, A., Fatmawati, A., & Muliadi, A. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa untuk. 5(2), 42–47.
Rusmiati, N. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486
SOCIAL, M. D. S. Y. P. (2014). Analisis Struktur Kovarians Indikator Terkait Kesehatan. Judul Mikrobiologi dan Bioteknologi Terapan, 85(1),2071-2079
Tarbiyah, D. F. (2019). Jurnal Edukatif - 18 -. V(1), 18–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original author and source are credited.