Studi Peminatan Mata Pelajaran Lintas Minat Oleh Siswa Jurusan IPA Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu

Authors

  • Haimah Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Hidayatul Fitri Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Fevi Wira Citra Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH
  • Zairin Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v9i1.4609

Keywords:

Peminatan, Siswa

Abstract

Permasalahan penelitian ini karena kurangnya minat siswa kelas IPA terhadap pemilihan pelajaran lintas minat dan kurangnya kesadaran siswa atas pentingnya memilih mata pelajaran lintas minat untuk menambah wawasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Peminatan Mata Pelajaran Lintas Miat Oleh Siswa Jurusan IPA Kelas XI Di Kota Bengkulu. Upaya untuk mengetahui peminatan siswa dan alasan siswa memilih mata pelajaran lintas minat tersebut dengan menggunakan teknik Angket untuk melakukan penelitian kepada siswa yang dituju Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptip. Penelitian ini dilakukan pada seluruh kelas XI IPA dengan berjumlah sampel sebanyak 140 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dokumentasi sekolah, tes angket yang digunakan berupa pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui peminatan mata pelajaran siswa jurusan IPA kelas XI SMAN 2 Kota Bengklu. Hasil Angket Seluruh Kelas XI MIPA hasil Penelitian Pemilihan Mata Pelajaran Lintas Minat Siswa IPA Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu peserta didik yang memilih Sosiologi sebesar (60%), Geografi (24,28%) , Ekonomi (24,28%) dan Mitigasi (2,85%) siswa. Dengan demikian bahwa peserta didik SMAN 2 Kota Bengkulu yang memilih pelajaran lintas minat dari ke 4 pilihan mata pelajaran terdapat satu mata pelajaran yang memiiliki persentase terbesar adalah mata pelajaran sosioligi sebesar (60%). Alasan Memilih Peminatan Mata Pelajaran Lintas Minat Siswa IPA Kelas XI SMAN 2 Kota Bengkulu Sosiologi terdapat nilai yang tertinggi dari alasan siswa yang memilih mata pelajaran sosiologi Karena ingin mempelajari pelajaran itu lebih dalam lagi persentase sebesar (20,23%)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksa, F. I. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43. https://doi.org/10.22146/mgi.35682

Anas Sudijono. (2015). pengantar penelitian (rajawalipers (ed.)).

Azwar. (2018). Analisis Minat Siswa Pada Pemilihan Kelas Peminatan Di Kelas X Mia Sma Negeri Se Kabupaten Tebo. 1–11.

Bednarz, S. W. (2015). Setting the standard for standards: Perspectives on standard setting in the United States. Co?rafya E?itimi Dergisi [Turkish Journal of Geography Education], 1(2), 3–9.

Butarbutar, R. H., Soekamto, H., & Kistiyanto, M. S. (2021). Identifikasi faktor penyebab dan upaya guru Geografi mengatasi rendahnya minat siswa pada kelas lintas minat Geografi SMA negeri di Kota Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(3), 311–316. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p311-316

Kemendikbud. (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjamin Mutu Pendidikan, 74.

Meyzilia, A., Darsiharjo, D., & Ruhimat, M. (2019). Minat belajar geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pendidikan Geografi, 24(1), 25–33. https://doi.org/10.17977/um017v24i12019p025

Napitupulu, Hunter. (2017). Faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan semester genap tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

Nufus, I. A. K., Rahman, N. A., & Marthinu, E. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Ternate. Pangea: Wahana Informasi Pengembangan Profesi Dan Ilmu Geografi, 1(2), 74–84.

Nurul Zumiatun Hanafiah M. Arif Rizka, H. (2017). Efektifitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Jagung Manis (Kerja Mas). Jurnal Transformasi, 3(2), 31–37.

Permendikbud. (2014). Permen No 64 Tahun 2014 Tentang Peminatan Pada Pendidikan Menengah. Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permen Nomor 64 Tahun 2014.pdf

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Robiatul Adawiyah. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–21.

Sari, Y. I., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (20118). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyudi, & Ulfah, M. (2018). Implementasi Pembelajaran Lintas Minat Mata Pelajaran Ekonomi Sains SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>