Pemetaan Kesiapsiagaan Komunitas Di SMP/MTs Muhammadiyah Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor Di Kabupaten Karanganyar

Penulis

  • Maria Al Khusna Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fatimah Rizki Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Eny Susilowati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fitria Febri Setiani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Retno Sarinastiti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Ilham Yoga Pramono Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i1.590

Kata Kunci:

Kesiapsiagaan, Tanah longsor, Komunitas sekolah.

Abstrak

Pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor dikalangan komunitas sekolah sangatlah penting agar setiap komunitas sekolah memiliki pengetahuan, serta tindakan yang tepat sehingga terhindar dari dampak jika terjadi bencana tanah longsor. Apalagi bencana tanah longsor bisa saja terjadi pada saat berada di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesiapsiagaan dan memetakan kesiapsiagaan komunitas SMP/MTs Muhammadiyah dalam menghadapi bencana tanah longsor di Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dari LIPI. Sampel penelitian ini terdiri dari 275 guru dan 562 siswa yang berada di SMP/MTs Muhammadiyah Karanganyar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesiapsiagaan bencana siswa di sebagian besar SMP/MTs Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar dalam menghadapi bencana tanah longsor tergolong baik. Hal ini dibuktikan dengan tingginya presentase angka kesiapsiagaan pada siswa sebesar 62,8%. Tingkat kesiapsiagaan dari pihak sekolah belum siap untuk mendukung siswa dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana karena tingkat kesiapsiagaan bencana yang dimiliki oleh guru masih sangat rendah dengan presentase tingkat pengetahuan rata–rata sebesar 27,47%. Rendahnya pengetahuan kebencanaan yang dimilki oleh guru berdampak pada pengetahuan yang dimiliki siswa, sehingga perlu adanya peningkatan pengetahuan yang dimiliki oleh guru.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arifianti, Y. (2013). Buku Mengenal Tanah Longsor Sebagai Media Pembelajaran Bencana sejak Dini. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi.
BNPB. (2017). Badan Penanggulangan Bencana. Dipetik 12 2, 2018, dari https://www.bnpb.go.id/home/definisi
Cindrawaty, L., & Nurul, P. (2015). Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah dalam Menghadapi Bencana di Kabupaten Magelang. Jurnal Teknik Sipil, 1-75
Ramadhani, N. I., & Idajati, H. (2017). Identifikasi tingkat bahaya bencana longsor, studi kasus: kawasan lereng gunung lawu, kabupaten karanganyar, jawa tengah. Jurnal Teknik ITS, 2337-3539.
Triyani, Y. (2013). Kesiapsiagaan Sekolah Dalam Menghadapi Bencana Di Smp Islam Bakti 1 Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan Kota Surakarta. Surakarta.
Puspitasari. 2014. Kerentanan dan Kesiapsiagaan di Desa Bawak Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten terhadap Bencana Banjir [skripsi]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Yunus, H. S. (2009). Metodelogi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diterbitkan

2019-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>