Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Antara Yang Menggunakan Media Power Point Dengan Yang Tidak menggunakan Media Power Point Di Kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma

Penulis

  • Partiyah Partiyah Universitas Prof Dr Hazairin SH , Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Dedi Guntar Universitas Prof Dr Hazairin SH , Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Warsa Sugandi Universitas Prof Dr Hazairin SH , Universitas Prof Dr Hazairin SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v1i1.139

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajjar IPS siswa antara yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data, maka diperoleh data: (1) Hasil belajar kelas Eksperimen yang menggunakan media Power Point memperoleh  skor rata-rata 60,62 pada awal tes (pretes) dan memperoleh skor rata-rata 80,41 pada  akhir tes(postest) kategori sangat baik, dengan rata-rata gain (peningkatan) 19,79. (2)  Hasil belajar pada kelas Kontrol Tanpa media Power Point dengan skor rata-rata 65,20  pada awal test (pretes) dan skor rata-rata 74,79 pada akhir tes (postes)  kategori baik, dengan rata-rata gain skor (peningkatan) 9,58. (3) Berdasarkan  analisis  data  uji  hipotesis melaui  uji-t  yang  dilakukan,  diperoleh  data  t hitung 5,95  dan  t tabel 2,01,  dengan demikian  t hitung > t tabel, itu  berarti  Ha diterima  dan HO ditolak,  dengan  kata  lain terdapat perbedaan  yang  signifikan  hasil  belajar  IPS  Siswa  antara  yang menggunakan  media  Power  Point  dengan  yang  tidak  menggunakan  Media  Power Point.

Unduhan

Diterbitkan

2016-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>