Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Antara Yang Menggunakan Media Power Point Dengan Yang Tidak menggunakan Media Power Point Di Kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma
DOI:
https://doi.org/10.32663/georaf.v1i1.139Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajjar IPS siswa antara yang menggunakan dengan yang tidak menggunakan media power point di kelas VIII SMP Negeri 31 Seluma. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk quasi eksperimen. Berdasarkan analisis data, maka diperoleh data: (1) Hasil belajar kelas Eksperimen yang menggunakan media Power Point memperoleh skor rata-rata 60,62 pada awal tes (pretes) dan memperoleh skor rata-rata 80,41 pada akhir tes(postest) kategori sangat baik, dengan rata-rata gain (peningkatan) 19,79. (2) Hasil belajar pada kelas Kontrol Tanpa media Power Point dengan skor rata-rata 65,20 pada awal test (pretes) dan skor rata-rata 74,79 pada akhir tes (postes) kategori baik, dengan rata-rata gain skor (peningkatan) 9,58. (3) Berdasarkan analisis data uji hipotesis melaui uji-t yang dilakukan, diperoleh data t hitung 5,95 dan t tabel 2,01, dengan demikian t hitung > t tabel, itu berarti Ha diterima dan HO ditolak, dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Siswa antara yang menggunakan media Power Point dengan yang tidak menggunakan Media Power Point.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
All Publication by Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.