ANALISIS AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI GENTENGKOTA SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.32663/5811n479Keywords:
Akuntabilitas, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Mutu PendidikanAbstract
Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program dari pemerintah untuk mendukung program wajib belajar 9 tahun. Dengan adanya dana BOS dapat meringankan beban biaya bagi masyarakat yang tergolong miskin, selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan pembelajaran bagi peserta didik dan kebutuhan operasional sekolah. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengelolaan dana BOS di SD Negeri Genteng sudah cukup baik meskipun masih terjadi kendala teknis dan pengelolaannya mengacu pada petunjuk teknis yang ditetapkan oleh pemerintah. Pengelolaan dana BOS ini dimulai dari membuat perencanaan atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), menggunakan anggaran untuk menunjang kebutuhan siswa dan pembelanjaan operasional sekolah, serta membuat laporan pertanggungjawaban yang akan dilaporkan kepada pihak-pihak terkait. Jika pihak sekolah sudah selesai dalam membuat laporan pertanggungjawaban maka bendahara akan mengarsipkan dokumen-dokumen dana BOS untuk mengantisipasi dari kehilangan. Pihak sekolah harus menerapkan akuntabilitas dalam pelaporan dana BOS agar dapat meningkatkan rasa kepercayaan pihak pemerintah dan masyarakat terhadap sekolah. Dengan adanya dana BOS pihak sekolah sangat terbantu, salah satunya memiliki sarana dan prasarana yang memadai menjadi tolak ukur pada mutu pendidikan yang harus ditingkatkan.