Penerapan Sitem Informasi Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam

  • elviza diana Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH, Bengkulu
  • Helmi Herawati Universitas Prof. Dr. Hazairin,SH, Bengkulu

Abstract

Suatu koperasi dapat digunakan untuk mengembangkan pembangunan dan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota-anggotanya.Terdapat  permasalahan yang ada di Koperasi antara lain : Pengurus belum mampu menyusun laporan keuangan koperasi sesuai standar koperasi , Laporan  dikerjakan masih secara manual, Koperasi tidak memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pemberian kredit. Laporan keuangan yang tidak disusun sesuai dengan standar pembukuan yang ada sangat merugikan masyarakat karena masyarakat selaku pemilik koperasi tidak pernah mengetahui bagaimana pengelolaan dana yang telah mereka setorkan. Selain itu dengan tidak disusun laporan keuangan koperasi juga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan tambahan bantuan dana dari pihak-pihak terkait misalnya dari bank.  


Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendisain aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan keuangan koperasi simpan pinjam, menerapkan aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan keuangan koperasi simpan pinjam kepada pengurus koperasi simpan pinjam. Metode pengembangan sistem digunakan metode waterfal. Dengan adanya penelitian ini pengurus dapat menggunakan aplikasi keuangan koperasi simpan pinjam sehingga pelaporan keuangan koperasi lebih akurat dan efektif.

Published
2020-07-30
How to Cite
DIANA, elviza; HERAWATI, Helmi. Penerapan Sitem Informasi Akuntansi Koperasi Simpan Pinjam. JAZ:Jurnal Akuntansi Unihaz, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 34-39, july 2020. ISSN 2620-8555. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/jaz/article/view/1331>. Date accessed: 27 oct. 2020.