TATA KELOLA PARIWISATA GLOBAL DI KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.32663/jpsp.v10i1.1872Keywords:
Tata Kelola, Pariwisata GlobalAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Mengingat banyaknya data/ informasi yang harus digali dan kompleksnya permasalahan (multiple-cases) Sistem Kepariwisataan di Kota Palembang, maka data dan informasi tersebut diperoleh dari berbagai sumber (multiple sources of information) dengan complex time-series. Tata kelola pariwisata di Kota Palembang telah berorientasi global tourism. Unsur permintaan pariwisata, penawaran pariwisata, produk pariwisata dan kelompok pengendalinya telah ada. Keempat komponen dalam tata kelola pariwisata global tersebut saling berhubungan satu sama lain menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kendali dari pemerintah dan asosiasi pengusaha pariwisata yang solid dibutuhkan agar pengelolaan pariwisata berorientasi global dan terus berkesinambungan, sehingga dapat meminimalisir berbagai akibat bencana baik alam seperti kabut asap maupun kondisi pandemi seperti Covid 19. Permintaan pariwisata dapat terjadi bila penyedia pariwisata dapat menghasilkan produk pariwisata yang dibutuhkan oleh pengunjung. Oleh sebab itu daya tarik wisata, akomodasi, transportasi dan sarana dan prasara harus terus dikembangkan dan dipelihara dengan baik. Berbagai Informasi atau promosi dengan mengunakan alat-alat promosi harus terus ditingkatkan. Pelaksanaan event pariwisata harus tetap mempertimbangkan kearifan lokal, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan