EVALUASI STUDI DAN PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU

  • Anita Marianata University of Bengkulu

Abstract

Evaluasi diperlukan untuk perbaikan suatu kegiatan yang tidak mungkin tidak dilakukan, karena evaluasi merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran pada khususnya dan sistem pendidikan pada umumnya atau bisa dikatakan juga kegiatan yang tidak mungkin dielakkan dalam proses pembelajaran. Bagi universitas keberhasilan kegiatan belajar mengajar ditentukan pula oleh kondisi belajar yang diciptakan oleh universitas. Efektifitas kegiatan belajar mengajar yang diprasyaratkan yaitu kondisi belajar yang diciptakan universitas itu di dapat dari evaluasi, dimana hasil evaluasi yang diperoleh itu bisa dipakai universitas untuk mengintrospeksi diri dan untuk melihat sejauh mana kondisi belajar sehingga dapat tercipta pembelajaran yang baik dan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti populasi dan sampel tertentu dan menggunakan pengumpulan data dengan instrument penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian diketahui kinerja dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu pada PBM semester Genap TA 2019/2020 sudah masuk dalam kategori baik (rataan skor 4,46), namun upaya-upaya untuk peningkatan mutu dan layanan dalam kegiatan PBM hendaknya terus dapat ditingkatkan.


 

Published
2021-12-30
How to Cite
MARIANATA, Anita. EVALUASI STUDI DAN PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS BENGKULU. Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 192-205, dec. 2021. ISSN 2620-6056. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/article/view/2202>. Date accessed: 19 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.32663/jpsp.v10i2.2202.