PENGARUH PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN KINERJA GURU DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KAUR

  • Sri Rahayani Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Dodo Sutardi Universitas Prof Dr Hazairin SH
  • Henny Aprianty Universitas Prof Dr Hazairin SH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanaan publik dan tingkat kepuasan  terhadap kinerja guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif yaitu menyajikan data dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri Kabupaten Kaur, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik random sampling (acak). Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji Validitas menggunakan rumus Product moment dan Uji reliabilitas menggunakan Cronbachs Alpha. Selanjutnya data diolah secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Pelayanan publik berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru. Kedua, tingkat kepuasan berpengaruh signifikan dan positif   terhadap kinerja guru. Ketiga, pelayanan publik dan tingkat kepuasan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja guru. Simpulan penelitian ini menunjukan  bahwa kinerja guru di pengaruhi oleh pelayanan publik dan tingkat kepuasan, meski demikian masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru.

Published
2021-12-30
How to Cite
RAHAYANI, Sri; SUTARDI, Dodo; APRIANTY, Henny. PENGARUH PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN KINERJA GURU DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KAUR. Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 215-226, dec. 2021. ISSN 2620-6056. Available at: <https://journals.unihaz.ac.id/index.php/mimbar/article/view/2336>. Date accessed: 19 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.32663/jpsp.v10i2.2336.