ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Authors

  • Markoni Markoni Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.32663/jpsp.v6i4.234

Keywords:

Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik

Abstract

Dari penelitian ini diharapkan diperoleh informasi tentang Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Untuk maksud tersebut diambil sampel sebanyak 50 Orang dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan Data dilakukan dengan penyebaran Kuisioner terhadap sampel yang terpilih, serta dilengkapi dengan metode wawancara. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI),dengan memperhitungkan Kepentingan Masyarakat dan Tingkat Kinerja Pegawai. Sedangkan aspek-aspek yang dinilai meliputi Kejelasan Informasi, Kemudahan Persyaratan, Kecepatan Pelayanan, Kesamaan Perlakuan Pelayanan, Keramahan Petugas serta Kenyamanan Lingkungan. Dari hasil analisis diperolah rata-rata Penilaian tertinggi untuk tingkat kepentingan masyarakat adalah aspek Kejelasan Informasi, diikuti aspek aspek Kecepatan Pelayanan, Kenyamanan Lingkungan, Kesamaan Perlakuan Pelayanan, Kemudahan Persyaratan dan yang terendah adalah aspek Keramahan Petugas. Rata-rata Penilaian tertinggi untuk tingkat Kinerja pegawai adalah aspek Kenyamanan Lingkungan, selanjutnya diikuti aspek aspek Kejelasan Informasi, Keramahan Petugas, Kecepatan Pelayanan, Kesamaan Perlakuan Pelayanan dan yang terendah adalah aspek Kemudahan Persyaratan. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 59,0804 %, menunjukkan Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu dapat dikatakan puas.Aspek aspek yang perlu dipertahankan adalah Kejelasan Informasi, Kenyamanan Lingkungan dan Keramahan Petugas.Aspek aspek yang perlu diperbaiki adalah Kecepatan Pelayanan, Kesamaan Perlakuan Pelayanan dan Kemudahan Persyaratan.

Downloads

Published

2017-12-30