ANALISIS KINERJA ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA MASYARAKAT

(Studi Pada Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Semarang)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32663/jpsp.v6i4.236

Abstract

Analisis kinerja organisasi sektor publik sangat penting dilakukan guna kemajuan organisasi secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Semarang dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dan untuk melihat faktor pendukung dan penghambat kinerja BPPT dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk menjawab dari tujuan yang dimaksud maka pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan mengunakan lima dimensi kinerja yaitu produktivitas, responsivitas, responsibilitas, akuntanbilitas dan kualitas layanan dan lima faktor pendukung dan penghambat kinerja yaitu faktor personal, kepemimpinan, tim, sistem dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan kinerja BPPT Kota Semarang sudah cukup baik, dimana ditunjukan dari produktivitas kinerja BPPT yang baik, karena ada peningkatan target setiap tahunnya meskipun belum semuai tercapai, dan telah bekerja sesuai dengan aturan atau regulasi yang ada serta memiliki akuntanbilitas yang baik. Sedangkan untuk responsivitas cukup baik, karena masih terkendala pada sarana-prasarana pelayanan yang kurang mendukung seperti masih minimnya sarana pelayanan di Website BPPT, papan informasi yang kurang jelas, belum optimalnya portal pelayanan di web BPPT. dan untuk kualitas layanan hasil kerja pelayanan belum baik, karena masih terkendala pada kecepatan pelayanan BPPT yang tidak dapat dipastikan. Sedangkan untuk faktor pendukung kinerja di BPPT yaitu faktor kepemimpinan dan tim, faktor ini berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai BPPT. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor personal, Sistem, dan Kontekstual.

Downloads

Published

2017-12-30