ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG

Authors

  • Anwar Hamid STIA Bengkulu
  • Muhammad Zimi Mahasiswa STIA Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i1.420

Keywords:

Pelayanan Publik, Kantor Camat, Pasemah Air Keruh

Abstract

Penelitian dilakukan pada Kantor Camat Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Dengan tujuan untuk mengetahui proses pelayanan publik pada Kantor Camat, penelitian menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari tanggapan masyarakat yang ada dilingkungan kantor Kantor Camat Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang yang pernah menggunakan pelayanan. Di samping itu penulis juga menggunakan data sekunder yaitu informasi yang diperoleh dari laporan berbagai sumber yang ada, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kantor Camat Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang yaitu cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil informan tentang aspek-aspek keterbukaan, keadilan, keamanan dan kejelasan, dan efesien pelayanan semua menunjukkan masih adanya permasalahan yang mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan Kantor Camat Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Adapun rekomendasi untuk pegawai Kecamatan Pasemah Air Keruh diharapkan lebih disiplin  dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, tidak pernah ada kata terlambat, dan selalu ada ditempat pada saat jam kerja, serta menggunakan absen finger print kepada seluruh aparatur Kantor Camat Pasemah Air Keruh, Melayani masyarakat supaya lebih terbuka baik prosedur ataupun biaya pelayanan, perlu diadakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi aparatur untuk meningkatkan kinerja pelayanan di Kecamatan Pasemah Air Keruh. Aparatur Kecamatan Pasemah Air Keruh dalam memberikan pelayanan agar lebih ikhlas dan sadar bahwa sebagai abdi masyarakat, sudah pantasnya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kecamatan Pasemah Air Keruh.

Published

2018-09-03