ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PADA KANTOR CAMAT SELANGIT KABUPATEN MUSI RAWAS
DOI:
https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i1.423Keywords:
Kualitas pelayanan dan Aparatur Pelayanan AdministrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan administrasi pada Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan sumber data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumen, sedangkan untuk menganalisis data dengan menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan dengan fokus 5 (lima) dimensi, bahwa pelayanan yang dilakukan oleh aparatur penyelenggara layanan administrasi di Kantor Camat Selangit Kabupaten Musi Rawas sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat pengguna jasa yaitu pelayanan yang berkualitas pada 4 (empat) dimensi yakni keandalan (reliability), keresponsifan (responsiveness), keyakinan (confidence) dan empati (emphaty). Sedangkan permasalahan dijumpai pada dimensi berwujud (tangible), dimana sarana prasarana penunjang belum memenuhi aspek kecukupan karena kondisi ruang pelayanan yang terbatas, MCK yang kurang memadai, ruang pelayanan yang belum menggunakan pendingin ruangan (air conditioning) AC, keterbatasan jumlah komputer. Adapun langkah yang harus dilakukan yakni dengan peningkatan sumber daya aparatur baik dari sisi kualitas dan kuantitas, serta merevitalisasi sarana prasarana yang ada dan diiringi dengan mengupayakan penambahan sarana dan prasarana yang belum memenuhi aspek kecukupan