PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP RESPONSIVITAS PELAYANAN BIROKRASI DI KELURAHAN KAMPUNG KELAWI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU

Penulis

  • Ridianto Ridianto STIA BENGKULU
  • Ovita Charolina

DOI:

https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i2.682

Kata Kunci:

Sumber daya manusia, budaya organisasi, responsivitas pelayanan birokrasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas sumber daya manusia yang terdiri dari indikator profesionalisme aparat, tanggung jawab, kreatifitas dan budaya organisasi yang terdiri dari indikator sikap yang dimiliki, nilai-nilai dominan, iklim, organisasi terhadap responsivitas pelayanan birokrasi di kelurahan Kampung Kelawi Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei eksplanatori pada aparat dan masyarakat kelurahan Kampung Kelawi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, kuesioner dan dokumentasi terhadap responden. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan tabulasi silang, korelasi product moment, dan analisa regresi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya signifikansi yang kuat dari sumber daya manusia dan budaya organisasi terhadap responsivitas pelayanan birokrasi di kelurahan Kampung Kelawi Kota Bengkulu. Dari dua variabel menunjukkan bahwa keduanya mempunyai tingkat keeratan hubungan terhadap responsivitas pelayanan. Oleh karena itu agar responsivitas pemerintah dapat berjalan efektif maka perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusia dan diefektifkan budaya organisasi sehingga dapat tercapai responsivitas pelayanan birokrasi yang dapat memuaskan keinginan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

03/27/2019

Cara Mengutip

PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP RESPONSIVITAS PELAYANAN BIROKRASI DI KELURAHAN KAMPUNG KELAWI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU. (2019). Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 7(2), 1-5. https://doi.org/10.32663/jpsp.v7i2.682