Monitoring Dan Mentoring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Supervisi Akademik Di SMP Negeri 4 Arga Makmur

Penulis

  • Ketut Sudarta Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bengkulu Utara

Kata Kunci:

Monitoring, Mentoring, Supervisi Akademik

Abstrak

Melalui monitoring dan mentoring oleh pengawas pembina  dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam merencanaan, melaksanakan, menganalisis data hasil, dan memberikan umpan balik rencana tindaklanjut perbaikan proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Arga Makmur. Mentor dipercaya untuk membimbing, mendampingi, mendukung, dan mendorong orang lain dalam mencapai tujuan pembelajaran, meningkatkan potensi secara maksimal, mengembangkan keterampilan, meningkatkan kinerja, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan mentoring tidak hanya mentransfer pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga mentransfer emosi dan paradigma yang sangat efektif dalam pengembangan dan pemberdayaan individu sebagai pembelajar mandiri di lapangan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

https://id.m.wipidia. 2014. Internet
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Program Pendampingan Kepala Sekolah/Madrasah BPU Supervisi Akademik. PPTK BPSDM PK-PMP.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia .2014. Program Pendampingan Kepala Sekolah/Madrasah Buku Pegangan Pengawas. PPTK BPSDM PK-PMP.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia . 2014. Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013. Buku Ajar Kurikulum 2013 untuk Pengawas Sekolah. PPTK BPSDM PK-PMP.
Rahmawati Dian. 2014. Rahmadian05.blogspot.

Diterbitkan

2017-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >>