The Investigasi Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Pada Mahasiswa ditinjau dari Perbedaan Gender

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.32663/georaf.v4i2.957

Kata Kunci:

Knowledge, Disaster Preparedness, Students, Gender, Pengetahuan, Kesiapsiagaan Bencana, Mahasiswa, Jenis Kelamin

Abstrak

Bencana di Aceh tidak terbatas pada musibah gempa dan tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Untuk membentuk masyarakat yang tanggap bencana, maka diperlukan upaya untuk membentuk pengetahuan bencana. Tujuan pengetahuan ini yaitu 1) mengetahui tingkat pengetahuan bencana mahasiswa, 2) mengetahui tingkat pengetahuan bencana mahasiswa ditinjau dari gender, dan 3) mengetahui pengaruh gender terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa pendidikan geografi pada STKIP Alwashliyah. Data dianalisis menggunakan metode uji ANCOVA dan deskriptif statistic. Hasil menunjukkan bahwa 1) tingkat pengetahuan kesiapsiagaan bencana mahasiswa berada pada kategori rendah, 2) kesiapsiagaan bencana mahasiswa juga dalam kategori rendah jika ditinjau dari perbedaan gender, dan 3) terdapat pengaruh gender terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana. Berdasarkan temuan penelitian diperlukan upaya untuk meningkatkan pengetahuan kesiapasiagaan bencana melalui memasukkan kurikulum kebencanaan ke dalam mata kuliah kegeografian, mengembangkan metode dan media pembelajaran yang mampu membatu implementasi pembelajaran kebencanaan serta rutin melakukan pelatihan agar kesiapan bencana dapat terwujud.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kesiapsiagaan Bencana, Mahasiswa, Gender

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Ridhwan Ridhwan, STKIP Al-Washliyah,

    Ridhwan lahir di Samalanga, Indonesia. Dia menyelesaikan M.Pd pada pendidikan geografi Universitas Negeri Malang pada tahun 2016. Dia juga berkerja sebagai dosen pendidikan geografi di program studi pendidikan geografi STKIP Al-washliyah, Banda Aceh, Indonesia. Penelitiannya berfokus pada pendidikan geografi, Pendidikan kelingkungan, Teknologi pendidikan, dan Pendidikan pemecahan masalah.

    Afiliasi: Program Studi Pendidikan Geografi, STKIP Al-Washliyah, Banda Aceh, Indonesia

Diterbitkan

2020-02-23

Terbitan

Bagian

Articles